Bunda, masih suka bingung dalam melatih tumbuh kembang anak? Gampang-gampang susah si ya bund. Melatih tumbuh kembang anak butuh perhatian yang ekstra dari kedua orang tua. Memperhatikan perkembangan pada fisik dan psikisnya agar dapat berjalan seimbang. Jangan sampai alih-alih bertujuan melatih tumbuh kembang anak, justru malah membuatnya tertekan. Memang tidak semudah kelihatannya ya bund. Namun semua itu akan menjadi mudah jika orang tua menerapkan kebiasaan-kebiasaan yang baik pada anak, supaya baby juga jadi makin cerdas.  Apa saja kebiasaan-kebiasaan yang bisa diterapkan pada anak sejak dini?

  1. Explore tempat baru

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk melatih kepintaran anak adalah dengan mengexplore tempat-tempat baru. Kegiatan ini dapat memberikan pengalaman baru serta menambah perbendaharaan kata pada anak. Semakin banyak anak dapat berinteraksi, semakin banyak peluang untuk meningkatkan jiwa sosialnya. Anak juga semakin berani beradaptasi dengan suasana baru.

Baca Juga : Agar Anak Jauh dari Gadget dan dampak gangguan gadget bagi anak

  1. Kontak mata dengan anak

Pada usia anak-anak memang agak sulit bagi orang tua untuk melakukan kontak mata dengan anak. Pandangan mereka cenderung berkeliaran pada suasana di sekitar atau hal-hal yang menjadi fokus seperti mainannya. Namun bagi para bunda, diharapkan untuk terus melakukan kebiasaan berkomunikasi dengan menatap mata anak. Karena hal ini dapat menciptakan dan memperdalam daya tarik. Nah, dengan begitu ia dapat memahami apa yang diucapkan orang tuanya. Selain itu cara ini juga dapat meningkatkan daya ingat anak tentang apa yang dikatakan lawan bicaranya.

  1. Kembalikan barang yang jatuh

Jangan dimarahin ya bund, kalau anak suka menjatuhkan barang. Moment ini seharusnya bisa bunda manfaatkan untuk memberikan pembelajaran tentang bagaimana tanggung jawab. Apabila menjatuhkan barang harus dikembalikan ke tempat semula. Begitu juga setelah anak-anak bermain, berikan contoh dengan membereskan mainan anak sehingga anak bisa mengikuti bunda.

  1. Hitung semua

Selain melatih perbendaharaan kata, lakukan kebiasaan menghitung untuk dapat membantu tumbuh kembang anak. Sederhana saja, mulailah menghitung dari langkah kaki mereka, barang yang berhasil dikumpulkan hingga masuk ke tahapan menggunakan bantuan alat hitung seperti sempoa. Jika dibiasakan hal ini dapat melatih ketepatan dan kecepatan dalam menghitung.

  1. Main cilukba

Perlu bunda ketahui, permainan cilukba bukan hanya sekadar permainan lho bund. Ada juga manfaatnya, dengan bermain cilukba anak dilatih untuk dapat mengindentifikasikan diri sendri dan siapa orang-orang terdekatnya. Bagus untuk memberikan stimulasi pada realisasi yang ada.

Baca Juga : Etika Menjenguk Bayi Baru Lahir

  1. Manfaatkan waktu ganti popok

Waktu ganti pokok juga bisa bunda manfaatkan untuk bermain bersama anak. Mengajaknya berbicara untuk menambahkan perbendaharaan kata mereka. Seperti mengeja panggilan mama atau papa. Selain itu, gunakan waktu ganti popok untuk memberikan pijatan dengan membalurkan minyak aromaterapi yang membuat anak menjadi nyaman. selain gembira, peredaran darah pada bayi juga dapat berjalan lancar.

Nah, itu dia sederet kebiasaan-kebiasaan baik yang bisa bunda terapkan untuk membantu tumbuh kembang anak dengan baik. Anak bisa menjadi lebih cerdas dan mampu beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Kalau sudah sama anak, letakkan sejenak ponselnya dulu ya bund supaya interaksi menjadi lebih intens.