Setelah melahirkan ibu akan mengalami masa nifas. Kalau bapak-bapak bertanya kapan bisa mulai mantap-mantap atau berhubungan intim lagi, pada umumnya dokter melarang suami istri melakukan hubungan intim pasca istri melahirkan. Selain karena darah nifas yang keluar setelahnya, bekas jahitan di perut dan miss V juga masih belum sembuh benar.

Meski hubungan suami istri merupakan salah satu cara untuk merekatkan keharmonisan rumah tangga, namun untuk sementara waktu kegiatan ini bisa ditunda terlebih dahulu ya. Apalagi biasanya pasca melahirkan istri masih belum memiliki gairah untuk melakukan hubungan lagi. Bukankah yang paling penting komunikasi yang baik agar keduanya sama-sama terpuaskan? Kira-kira kapan waktu yang tepat untuk mantap-mantap lagi sama istri?

Berikut di bawah ini kapan boleh berhubungan intim pasca istri melahirkan

  • Saat Darah Nifas Berhenti

Umumnya darah nifas berhenti pada hitungan 40 hari, jadi selama belum selesai benar tetap tahan dulu ya Pa. Yuk, mulai fokus menyibukkan diri membantu istri mengurus anak. Karena tumbuh kembang anak juga membutuhkan perhatian dari kedua orang tuanya. Selain itu berhubungan intim saat darah nifas keluar justru dapat berefek buruk bagi kesehatan perempuan karena sedang masa pemulihan.

  • Tubuh Istri pulih

Dalam melakukan hubungan intim jelas diperlukan tenaga, kalau istri atau mama masih belum pulih sebaiknya jangan dilakukan ya Pa. Tunggu mama merasa sehat dan pulih sehingga kepuasan bisa tercapai.

  • Bekas jahitan sudah sembuh

Baik normal maupun caesar, bagian tubuh ibu pasca melahirkan akan dilakukan penjahitan. Jika caesar maka jahitan tersebut terdapat di perut, namun lain hal bagi ibu yang melahirkan secara normal bagian tubuh yang dijahit di area miss V. Mungkin butuh waktu sebulan sampai jahitan benar-benar sembuh dan dokter obgyn menyatakan bahwa suami istri boleh berhubungan intim.

  • Istri siap secara mental

Dalam melakukan hubungan intim komunikasi yang paling penting. Saat berhubungan intim juga dibutuhkan chemistry sehingga semuanya terasa sempurna. Kalau istri belum siap secara mental, sebaiknya ditunda dulu ya Pa. Jangan dipaksakan.

Nah, itu dia kapan waktu yang pas untuk mantap-mantap lagi pasca istri melahirkan. Komunikasi berjalan lancar, kondisi fisik dan mental baik berarti sudah pas untuk berhubungan intim lagi. Cek kondisi fisik dan mental istri. Cek juga kondisi anak, orang tua atau mertua. Kira-kira anaknya bisa dititipin sebentar tidak ya?