Dalam kehidupan sosial silaturrahmi menjadi hal yang penting untuk dilakukan, meski diberi kekayaan lebih hendaknya untuk tidak lupa dengan mengunjungi teman atau kerabat. Bahkan dalam hadits Rasulullah shallahu alaihi wa salam sudah jelas diterangkan tentang bagaimana anjuran untuk bersilaturrahmi beserta manfaat yang bisa didapat.

Dari Ibnu Syihab dia berkata; telah mengabarkan kepadaku Anas bin Malik bahwa Rasulullah Shallahu Alaihi Wa Sallam bersabda: “Barang siapa yang ingin dilapangkan rezeki untuknya dan dipanjangkan umurnya hendaknya ia menyambung tali silaturahmi.” (HR. Bukhari) [5986, Fathul Bari].

Akan tetapi ada hal-hal yang harus diperhatikan saat akan berkunjung ke rumah sanak saudara, kerabat dekat atau teman. Dalam hal ini terdapat beberapa waktu yang tidak dianjurkan untuk bertamu. Waktu-waktu yang dilarang untuk bertamu, emang ada? Ada. Mau bertamu tentu juga harus tahu diri, kita jangan sampai mengganggu aktivitas si tuan rumah. Padahal niatnya bertamu dengan membawa kebahagiaan untuk kedamaian, eh malah bikin tuan rumah ngedumel di belakang. Yuk, ketahui kapan waktu-waktu yang tidak dianjurkan untuk bertamu.

Syaikh Fuad Abdul Aziz As-Syalhub hafizallahu Ta’ala berkata dalam kitab adab, ada tiga waktu yang dilarang bagi seseorang untuk bertamu, diantaranya:

  1. Sebelum Shubuh

Rajin sekali bertamu sebelum waktu shubuh, itu mau bertamu atau ngegerebek ya. Bukan hanya itu saja, bertamu sebelum shubuh tidak dianjurkan karena dapat menganggu tetangga yang lain. Selama bukan hal yang sangat darurat lebih baik pikir-pikir lagi sebelum datang. Kurang etis rasanya sebelum shubuh sudah bertamu, barang kali tuan rumah masih tertidur lelap jelas hal ini sangatlah mengganggu.

  1. Waktu tidur siang

Seperti yang kita ketahui, siang hari merupakan waktu yang tepat untuk istirahat. Tak jarang orang rumah menyisipkan kegiatan tidur siang untuk kembali memulihkan tenaga setelah beraktivitas. Di waktu-waktu ini, seseorang tidak dianjurkan untuk bertamu karena bisa mengganggu waktu istirahat tuan rumah.

  1. Setelah Sholat Isya

Malam hari sering menjadi waktu berkumpul bersama keluarga, biasanya seusai sholat Isya. Maka dari itu, pemilihan bertamu di waktu tersebut dinilai kurang tepat. Tak jarang waktu ini juga dimanfaatkan untuk melepas penat, menghabiskan waktu dengan menonton televisi bersama keluarga, menjaga keharmonisan dengan berbicara ngalor ngidul serta senda gurau.

Nah, itu dia waktu-waktu yang tidak dianjurkan untuk bertamu. Terus boleh bertamu kapan? Silakan lakukan bertamu pada waktu-waktu selain yang disebutkan di atas. Akan lebih baik dan antisipatif jika kamu menghubungi terlebih dahulu kerabat yang ingin dikunjungi. Kapan ia memiliki waktu luang dan bolehkah jika bertamu sehingga sama-sama sepakat untuk membuat janji temu.