Ketika kamu memutuskan akan menikah, maka kamu sudah harus siap dengan segala konsekuensi termasuk bukan lagi hanya memikirkan dirimu saja. Sebab nantinya, kamu akan bersanding dengan orang yang memiliki karakter berbeda. Bukan berarti ketika menikah kamu tidak bisa menjadi diri sendiri. Hanya saja perlunya memperbaiki diri bertujuan untuk terciptanya hubungan yang harmonis dalam rumah tangga.

Berikut di bawah ini sifat-sifat yang harus dirubah sebelum menikah:

  • Egois

Ya, setiap orang memiliki ego masing-masing, yang membedakan adalah seberapa besar atau tinggi ego yang dimiliki. Sikap egois yang selalu dijunjung tinggi justru dapat membawa dampak buruk dalam kehidupan sosial, apalagi dalam rumah tangga. Egois adalah sifat dimana kamu merasa paling benar sehingga apa yang kamu katakan menjadi sesuatu yang mutlak. Untuk menciptakan keluarga yang harmonis, ada baiknya sifat ini dikurangi. Cobalah untuk menaruh empati kepada pasangan, melakukan refleksi diri, dan mengalah untuk menghindari adanya pertengkaran.

Baca juga : 3 Cara Ampuh Mengatasi Keraguan Sebelum Menikah

  • Emosional

Sifat dimana perasaan hatimu mudah sekali berubah-ubah. Perasaan sensitif yang sering terjadi, sehingga segala suatu permasalahan dihadapi dengan amarah dan nafsu. Sifat ini harus dirubah, perlahan kamu harus belajar mengendalikan emosimu. Kamu harus belajar lebih tenang, kamu bisa lakukan berhitung, mendengarkan musik, menghirup dan menghembuskan napas secara perlahan, hingga olahraga untuk membantu mengendalikan amarah.

  • Malas gerak

Ini sifat umum yang dimiliki setiap orang, tapi akan jadi tidak umum kalau sampai terlalu malas. Dalam berumah tangga, tidak boleh malas bekerja atau melakukan pekerjaan rumah, yang ada nanti malah jadi hancur berantakan. Pekerjaan rumah tidak terselesaikan, kebersihan juga tidak akan terjaga. Hal ini hanya akan memicu terjadinya pertengkaran, karena ujung-ujungnya akan membuat pasangan kesal.

  • Terlalu asik dengan dunia sendiri

Setiap orang pasti punya kesukaan atau hobi masing-masing. Ada yang gemar memelihara hewan, membaca novel atau bermain ponsel. Namun ketika hoby membuatmu lupa dengan kondisi sekitar saat sudah menikah, sifat ini harus kamu buang, karena bukan lagi hanya memperhatikan hidup sendiri tetapi juga pasanganmu. Sebuah hubungan membutuhkan komunikasi untuk menciptakan keharmonisan, lalu jika kamu sibuk dengan duniamu sendiri bagaimana mau terbuka dan harmonis? Kamu sendiri juga tidak ingin diduakan pasanganmu dengan hobynya bukan? jadi cobalah untuk lebih sportif dan menanggapi hal-hal kesukaanmu secara tidak berlebihan.

Baca juga : Jangan Tergoda! Ini 8 Godaan Muncul Sebelum Menikah

Nah, itu dia sifat-sifat yang harus dihindari dan diubah sebelum menikah. Selain masalah finansial, kamu juga harus mempersiapkan masa depan termasuk mengubah sifat-sifat buruk yang nantinya akan berdampak bagi kehidupan rumah tangga.