Melahirkan adalah kabar yang menyenang kan..

Ketika kerabat atau sahabat kita melahirkan, sangat ingin rasanya kita menengok untuk berbagi kebahagiaan dan mendoakan agar ibunya segera pulih, dan bayi nya menjadi anak yang sehat dan sholeh/sholehah…

Tetapi, tahukah Anda bahwa saat menengok bayi dan ibu baru melahirkan ada beberapa yang harus kita perhatikan. Karena apa? Karena mereka yang habis melahirkan, punya batasan emosional yang relatif tipis. Dan adapun batasan yang tidak boleh kita lakukan, karena ibu atau ayahnya pasti suka gak enakan untuk minta “bayi ku jangan digendong-gendong” atau sekedar “eh cuci tangan dulu” dll.

Baca Juga : Hai Orang Tua, Katakan 5 Kalimat Ini Pada Anak-anakmu

Nah, jadi penting banget untuk Anda ketahui dan lakukan saat menjenguk bayi baru lahir. Berikut adalah etika saat menjenguk bayi :

  1. Waktu jenguk yang tepat yaitu : 1-2 minggu setelah ibu melahirkan. Ibu punya waktu yang lebih untuk istirahat dan berdekatan dengan bayinya.
  2. Pastikan diri anda sedang sehat, karena bayi yang baru lahir sangat rentan dengan penyakit.
  3. Kabari dahulu sebelum datang, buat janji dan pastikan datang disaat yang tepat
  4. Izin sebelum menggendong, jangan tersinggung jika ibu tidak mengizinkan. Berpikir postif, ini semua demi kesehatan dan kenyamanan bayi.
  5. Cuci tangan sebelum dekat bayi
  6. Perhatikan jam & lamanya berkunjung
  7. Pakai alas sebelum menggendong bayi
  8. Tahu batas waktu kapan harus pulang. Jika tampaknya ibu sedang sibuk mengurus bayinya, tidak usah berlama-lama bertamu.

Baca Juga : 3 Ilmu Parenting yang Perlu Dimiliki Pasangan Muda

Hindari :

  1. Mencium pipi dan bibir bayi
  2. Foto bayi tanpa izin orangtuanya
  3. Posting foto bayi tanpa izin orangtuanya
  4. Langsung menggendong bayi
  5. Berkomentar negative pada ibu dan bayi, karena perasaan ibu yang baru melahirkan masih sangat sensitive
  6. Berkunjung ketika lagi kurang “fit”
  7. Membawa anak kecil saat menjenguk, karena balita yang aktif bergerak, teriak-teriak, berbicara yang kencang, menangis, khawatir akan mengganggu kenyamanan ibu dan bayi.

Sudah tahu kan etika yang baik saat kita menjenguk bayi dan ibu yang baru melahirkan, mari kita saling menghargai dan mengetahui apa yang harus dilakukan ataupun jangan dilakukan. Semoga bermanfaat..