Pada setiap pasangan pasti memiliki kebiasaan masing-masing sebelum mereka menutup harinya yang sibuk dan penat. Ada yang membahas aktivitas seharian pada hari itu, atau memikirkan keperluan pribadi hingga sampai tertidur lelap. Walau terkadang ada juga yang tidak saling bicara dan langsung tertidur tanpa ada sedikitpun hal yang dibicarakan.

Waktu menjelang tidur merupakan momen yang sangat baik bagi suami istri untuk saling curhat dan mengkomunikasikan hal penting setelah seharian beraktivitas di luar rumah. Hal ini merupakan kebiasaan yang paling cepat dapat saling mengenal dan memahami karakter atau kebiasaan satu sama lain.

Berikut merupakan hal baik yang bisa dilakukan suami istri sebelum tidur :

  1. Tidur Bersamaan

Suami Istri yang mempunyai aktivitas berbeda, bekerja dengan waktu yang berbeda, sering kali membuat waktu tidur yang tidak berbarengan. Suami dan istri sering menjadi tidur berbeda waktu, suami tidur duluan ataupun istri tidur duluan mereka bahkan tak sempat berkomunikasi, karena perbedaan jam kerja yang jauh.

kebiasaan tidur yang berbeda waktu sebaiknya dihindari, karena suami istri seharian sudah terpisahkan karena aktivitas. Di atas ranjang, seharusnya keharmonisan komunikasi bisa lebih terjalin kembali meskipun hanya sebentar, misalnya dengan memulai momen saling ajak bersih-bersih dahulu bersama sebelum tidur sampai mengobrol hingga terlelap.

Baca juga: 5 Manfaat Pillow Talk yang Bikin Makin Romantis

  1. Ungkapkan Sayang dan Terimakasih

Sebuah hal yang mungkin sepele, tapi saling mengucapkan rasa kasih sayang seperti ‘Aku Sayang padamu’, ‘I Love You’ dan beberapa pujian lainnya memiliki kekuatan yang sangat besar dalam membahagiakan pasangan kalian. Dalam sebuah perkataan itu akan muncul rasa kasih sayang yang selalu menambah keharmonisan.

  1. Berhenti Main HP

Walau aktivitas kehidupan saat ini yang serba digital dan hiburan dari berbagai aplikasi yang bertaburan di smartphone, hal ini bukan alasan untuk terus memainkannya saat kalian sudah waktunya istirahat di ranjang. sampai komunikasi hingga perhatian menjadi dipertaruhkan bahkan dikorbankan. Istri didiamkan dan lebih fokus dengan smartphonenya atau sebaliknya.

Karena hal ini dapat menimbulkan sebuah perdebatan hingga hal kecemburuan yang tidak perlu. Buatlah peraturan agar idak boleh bermain smartphone setelah jam sepuluh malam misalnya, agar memiliki kualitas hubungan hingga tidur yang lebih baik.

  1. Meluangkan Waktu Untuk Saling Curhat

Komunikasi merupakan hal sangat penting, dan pada setiap pasangan yang bahagia pasti meluangkan waktunya tersendiri untuk bisa saling bercerita sebelum tidur sambil bermesraan. Pada umumnya memiliki kebiasaan 15 sampai 30 menit sebelum tidur sangat cukup untuk saling bertukar pikiran dan saling meredakan tekanan yang diterima dari berbagai aktivitas seharian penuh. Kegiatan ini sangat baik untuk setiap pasangan agar bisa terus menjalani hidup, memberikan rasa sayang hari demi hari karena merasa ada yang mendukung dan saling memberikan rasa aman dan nyaman.

Baca juga : 4 Tips Rumah Tangga Tetap Harmonis, Usir Orang Ketiga

  1. Bersyukur Atas Segala Karunia

Sebuah rasa syukur yang diungkapkan dari pengalaman atau aktivitas seharian. Sudah diberikan kesehatan, kebahagiaan dan rasa kasih sayang. Karena kegiatan ini, pasangan akan lebih bisa menghargai kehidupan dalam satu sama lain hingga rasa syukur tersebut juga akan mengarah kepada bersyukur memiliki pasangan hidup saat sekarang ini.

  1. Berdo’a Bersama

Setelah aktivitas yang sangat melelahkan  dan pada malam hari perlu adalah waktunya istirahat. Berdo’a agar lebih baik lagi untuk esok sebagai salah satu bentuk syukur kita kepada yang maha kuasa Ketika kita berdo’a Bersama dengan pasangan kita bisa membuat lebih dekat secara spiritual dan menjadi pasangan baik untuk akhirat nanti.