Ada banyak kejadian di mana seorang pria mencoba mendekatimu. Namun ternyata kamu merasa tidak nyaman, dia bukan tipemu, atau kamu merasa ia lebih cocok untuk menjadi temanmu. Pada saat itu kamu bingung bagaimana menjelaskan tentang perasaanmu agar dia tidak sakit hati dan menjauhimu. Namun kamu tidak perlu khawatir, di bawah ini terdapat 5 cara menolak pria tanpa menyakiti.

  1. Jangan menyakiti

Sampaikan alasan penolakan dengan cara yang baik dan tidak menyinggung perasaannya. Sekalipun kamu punya alasan yang agak menyakitkan (misalnya karena alasan fisik), jangan ungkapkan hal tersebut. Karena itu akan melahirkan dendam. Katakan saja dengan jujur jika kamu belum siap untuk menjalin hubungan. Misalnya karena ingin fokus dengan pendidikan atau karier sebelum berjalan semakin jauh.

  1. Jangan gantung

Usahakan jika memang merasa tidak cocok, untuk menyampaikannya sesegera mungkin tanpa perlu menggantungkan harapan dan perasannya. Semakin lama digantung, harapannya akan semakin besar, dan ketika ditolak, rasa sakitnya semakin perih. Kamu bisa memulai menjaga jarak agar dia tidak salah dalam mengartikan kebaikanmu.

baca juga: 5 Tanda-tanda Cowok Serius Ingin Menikahimu

  1. Jangan disebar

Barangkali kamu merasa bangga saat ada orang yang menyukai dan berminat kepadamu. Tapi meskipun kamu menolaknya, jangan permalukan ia dengan menyebarkan penolakan tersebut. ditolak adalah salah satu aib tersendiri bagi lelaki. Tetaplah jaga kehormatan seseorang, meskipun tidak kamu sukai.

  1. Jangan bangga

Alasan berteman saja bisa menjadi alasan yang baik untuk menolak. Secara tidak langsung kamu mengajarkan bahwa mencintai adalah proses pendewasaan mencari sosok yang tepat. Jangan bangga telah bisa menolak seseorang. Kita tidak pernah tahu bagaimana nasib kita. Bisa jadi setelah kita menolak, tapi di masa depan kita yang ditolak.

  1. Tolak demi kebaikan

Jika kamu memang ingin menolaknya, usahakan setelah berdoa dan berdiskusi dengan keluarga. Doa dan diskusi akan melahirkan keputusan yang mantap sehingga penolakan tersebut pun demi kebaikan, baik untuk diri sendiri maupun pihak yang ditolak.

Nah itu dia 5 cara menolak pria tanpa menyakiti. Meskipun pada kenyataannya bisa saja mereka menjauhimu. Setidaknya kamu sudah jujur dan tidak menggantungkan perasaannya. Kamu juga harus menjaga kehormatannya sebagaimana kamu menjadi kehormatan dirimu. Semoga bermanfaat.