Gambar gratis: rekening, kalkulator, ekonomi, keuangan, Bisnis, pajak

Meskipun sudah memiliki pasangan, tidak dapat dipungkiri bahwa anak tetap berkeinginan membahagiakan orang tua. Memberi uang kepada orang tua dan mertua adalah hal yang kerap umum dilakukan.

Namun bicara masalah keuangan setelah menikah menjadi hal yang agak sensitif. Maka dari itu perlunya berbicara hati-hati dengan pasangan berkaitan tentang finansial. Sudah tidak sebebas dan suka-suka dalam memutuskan. Harus ada kompromi dengan pasangan, terutama menyesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuanmu sendiri.

1. Bicara dengan pasangan terlebih dahulu

Nomor satu dan yang paling utama, komunikasikan dengan pasangan perihal memberi uang kepada orang tua atau mertua. Jangan sampai ada drama kucing-kucingan yang justru menimbulkan sikap kecurigaan. Hal tersebut bisa membahayakan hubungan rumah tangga kalian. Jadi saling terbuka, ya.

2. Membuat catatan pengeluaran utama

Sebelum memutuskan untuk memberikan uang, sebaiknya kamu merinci pengeluaran yang harus diutamakan. Semua tentang kebutuhan dalam rumah tanggamu. Sebab catatan pengeluaran dapat membantumu mengetahui berapa uang yang bisa kamu berikan. Jangan sampai niat memberimu, berujung membuat kebutuhanmu terbengkalai.

Baca juga: Penjelasan Mencari Jodoh yang Sekufu, Tujuannya…

3. Jangan melihat dari nilai atau jumlah

Yang terpenting dari memberi adalah keikhlasan. Niat memberimu sudah tercatat menjadi amal baik kok. Maka dari itu, point pentingnya adalah jangan melihat dari nilai atau jumlahnya. Usahakan untuk tidak memaksakan diri.

4. Mengintip kondisi orang tua masing-masing

Memberi tidak melulu tentang uang, kamu bisa memberikan apa yang mereka butuhkan di masa tua. Cobalah memberikan makanan kesukaan, buah-buahan yang menunjang kesehatan mereka. Bisa juga dalam begitu kebutuhan rumah tangga seperti beras, minyak, telur dan sebagainya. Selain itu kamu juga bisa mebayar langsung tagihan listrik sebagai bentuk ungkapan cinta dan terima kasih, mereka pasti senang kok.

5. Jumlahnya tidak harus sama

Kamu dan pasangan tidak harus memberikan jumlah atau nominal yang sama kepada orang tua dan mertua. Beda sedikit itu tidak masalah. Kembali lagi lihat pada kondisi orang tua masing-masing dan sesuai keputusan yang telah disepakati.

Nah, itu dia 5 cara mengatur budget keuangan untuk orang tua dan mertua. Memang agak sedikit ruwet, tapi yang terpenting tetap libatkan pasangan dalam pengambilan keputusan untuk menafkahi orang tua.