Pertunangan Cincin Bunga - Foto gratis di Pixabay

Timur ke barat selatan ke utara tak jua aku temukan. Nah, siapa yang di antara kalian sedang mencari jodoh? tentu ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mencari jodoh atau pasangan hidup. Salah satunya, seorang muslim dianjurkan mencari jodoh yang sekufu.

Apa maksud dari sekufu?

Kufu atau Kafa’ah artinya kesepadanan. Yakni kesepadanan calon suami dan calon istri yang akan menikah dan membangun rumah tangga. Dalam hadis Rasulullah shallahu alaihi wa sallam terdapat nasehat untuk segera menikah atau menikahkan muslimah yang telah menemukan calon yang sekufu. Hadits yang baik sanadnya diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi yang telah dihasankan oleh Syeikh Al Albani yang artinya “Wahai Ali, ada tiga perkara yang jangan kau tunda pelaksanaannya; salat apabila telah tiba waktunya, jenazah apabila telah siap penguburannya, dan wanita apabila telah menemukan jodohnya yang sekufu/sepadan” (HR. Tirmidzi, hasan).

Sekufu juga mencakup beberapa aspek, misalnya sekufu dalam nasab, sekufu dari segi ekonomi, pendidikan, dan sebagainya. Tujuannya supaya seimbang sehingga menghindari potensi permasalahan karena perbedaan yang ada.

Baca: Hai Orang Tua, Katakan 5 Kalimat Ini Pada Anak-anakmu

Ustaz Khalid Basalamah mengatakan dalam salah satu kajiannya, “Jadi kalau antum gajinya cuma 2 juta. Ya harus nikah dengan perempuan yang bedaknya cuma 50 ribu. Supaya uangnya cukup. Kalau antum nikah dengan perempuan yang kosmetiknya 2 juta setengah, 5 juta. Tiap bulan hutang nanti. Itu namanya kafa’ah. Jangan juga sok-sokan nikah sama orang asing. Bahasanya beda, makanannya beda, tradisinya beda, tidak sekufu nanti. Hanya karena “oh ini bule” padahal dia tidak bisa sejalan. Kenapa tidak menikah dengan orang yang sama-sama suka makan tempe? Sayur asem? Orang biasa makan bakso.”

“kecuali orang keturunan yang tinggal di negara kita, itu beda. Sudah sama dengan kita begitu kan. Tapi kalau tidak, orang asing. Hanya karena mau dipuji oleh orang ini nanti tidak sekufu. Atau miskin nikah sama orang kaya sekali, ini juga jadi masalah. Ini masalah kekufuan semuanya”. Masalah kekufuan bisa jadi tiada habis dipermasalahkan dalam rumah tangga, dan jika sulit mengimbangi, maka bisa-bisa program keluarga tidak tercapai karena fokus membahas perbedaan. Maka dari itu carilah jodoh yang sekufu.

Untuk yang sedang mencari jodoh, semoga lekas dipertemukan dan dipersatukan oleh Allah subhanahu wa ta’ala, sehingga bisa menjadi jalan menuju kebaikan untuk mencapai ridanya. Wallahu a’lam.