Foto stok gratis tentang anak, anak kecil, anak laki-laki

Dalam kehidupan sehari-hari, kalimat dari orang tua yang sering anak-anak dengar. Kalimat tersebut dapat berpengaruh terhadap kondisi psikologis anak. Maka dari itu, penting untuk orang tua agar selalu berbicara dengan kalimat-kalimat atau ajakan yang positif termasuk memberi pujian atas hal yang dilakukan.

Selain itu, menjaga intonasi dan kata-kata dalam berbicara juga penting untuk si buah hati, diharapkan supaya jiwanya selalu bahagia dan positif. Berikut di bawah ini kalimat yang perlu diucapkan dari bangun tidur hingga menjelang tidur

1. Ajakan tidur awal

“Dek, tidur di waktu awal yuk, supaya besok bisa bangun lebih awal untuk sholat shubuh dan 2 rokaat sebelum subuh yang mana pahalanya lebih dari dunia dan seisinya”. Ajakan positif itu bertujuan supaya anak memiliki jadwal tidur yang teratur, tidak begadang, dan anak-anak dapat tumbuh yang menjadikan akhirat sebagai tujuan dan cita-citanya.

2. Ungkapan sayang

“Ayah dan ibu sayang sama kamu”. Tujuannya supaya anak mengetahui bahwa kedua orang tuanya sayang kepadanya dan akan berusaha memberikan yang terbaik untuknya.

3. Ungkapan pujian

“Ayah dan ibu bangga sama kamu”. Kalimat ini bertujuan supaya anak merasa kerja keras mereka dihargai, sehingga memacu semangat anak dalam menjalani kehidupan yang lebih baik. Bisa juga dengan kalimat “kamu istimewa”, tujuannya supaya anak bisa mencintai apa yang ada pada diri mereka dan menyadari bahwa dirinya istimewa dengan segala keunikan yang dimiliki.

Baca juga: Suami Istri Perlu Hindari 3 Ucapan Ini Saat Bertengkar

4. Nasihat

Tidak semua anak bisa menerima nasihat dari orang tua, bisa jadi kesalahannya terletak pada kalimat yang diucapkan. Tapi cobalah untuk menghargai upaya yang dia lakukan dengan disisipi nasihat yang ingin orang tua sampaikan, seperti “apa yang kamu lakukan sudah bagus, namun kurang tepat. Ayah dan ibu lebih suka jika kamu melakukan…”

5. Ungkapan kepercayaan

Mendapat kepercayaan dari orang tua tentu hati anak senang bukan main. Membangun rasa percaya diri mereka akan mendorong menjadi pribadi yang lebih jujur, kamu bisa mengungkapkannya dengan “ayah dan ibu percaya dan yakin sama kamu”. Kalimat yang membuat anak-anak percaya diri membuat mereka merasa berharga.

Nah, itu dia 5 kalimat atau ungkapan yang harus kamu bagikan kepada anak-anak agar dapat memberikan stimulus yang positif sehingga dapat membangun pribadi yang lebih baik dan tumbuh menjadi sosok yang bermanfaat.