Setelah kamu memutuskan untuk memiliki pendamping hidup. Secara otomatis kamu akan memiliki hubungan dengan orang tua pasangan atau yang dikenal dengan mertua. Hubungan menantu dan mertua tidak bisa dipisahkan dari kehidupan rumah tangga. Kamu harus menerima bagaimana sikap mertua.

Entah itu menyebalkan atau menyenangkan. Hubungan antara mertua dan menantu terkadang memiliki beragam cerita baik suka maupun duka. Di beberapa kasus hubungan bisa saja menjadi tegang dengan terang-terangan seperti perang dingin. Namun jangan khawatir, jika kamu ingin disayang calon mertua praktikkan 4 sikap ini.

baca: Penting Diketahui! Ini Sebab-sebab Perceraian

1. Rendah hati

Seberapa hebat kamu, biar bagaimana pun juga mertua sama seperti orang tuamu. Jadi bersikaplah rendah hati. Jika terdapat kekeliruan bicarakan baik-baik supaya mereka mau mengerti. Ketika mendapati konflik dengan mertua, jangan sampai terjeda lama dalam berkomunikasi. Sapalah terlebih dahulu dan dengan rendah hati meminta maaf. Cobalah untuk menanyakan kabar dan kesehatannya.

2. Empati dan peka

Sebagai menantu, kamu harus memiliki rasa empati dan bisa peka terhadap apa yang mereka butuhkan. Bantu mereka dengan yang bisa kamu lakukan tanpa diminta.

3. Bicara tentang kehidupan

Untuk bisa akrab dengan mertua, cobalah berbicara tentang apa kesukaannya dan hal yang tidak disukai. Selain itu, kamu juga bisa meminta bimbingan atau nasihat tentang kehidupan berumah tangga. Jadilah pendengar yang baik bagi mereka. Cobalah meminta do’a dari mereka untuk kehidupan yang lebih baik dan bahagia.

4. Berikan hadiah

Setelah kamu mengetahui apa yang menjadi kesukaan mereka, kamu jadi bisa memberikan hadiah yang mereka sukai. Namun ingat, harus tetap sesuai dengan kemampuanmu.

Nah itu dia 4 sikap yang harus kamu praktikkan jika ingin disayang mertua. Bagaimana cara kamu menghadapi mertua menjadi penting. Sebab jangan sampai konflik dengan mertua dapat merusak hubungan keharmonisan rumah tangga. Tunjukkan kepada mertua bahwa keputusanmu menikah dengan pasanganmu adalah hal yang tepat dan kamu dapat menghadapi segala permasalahan bersama-sama. Semoga mertua menjadi lebih respect dan dapat menerima segala kebaikan yang kamu berikan.