Setiap orang berharap menikah sekali seumur hidup dengan pasangan yang tepat. Karena sejatinya pernikahan adalah penyatuan dua insan yang berbeda dalam satu ikatan yang sah secara hukum dan agama. Pernikahan adalah sesuatu yang sakral dan tidak bisa dianggap main-main. Sebab pernikahan juga menyatukan dua keluarga yang berbeda.

Dibutuhkan persiapan yang panjang, energi serta kesabaran yang tidak sedikit. Banyak sekali persiapan-persiapan yang harus dilakukan sebelum menikah. Uniknya lagi, di saat tengah mempersiapkan pernikahan, ada saja keraguan yang datang membuat gelisah, galau hingga merana. Belum lagi ada saja godaan-godaan dan cobaan yang harus dihadapi. Tapi jangan khawatir, setelah kamu membaca artikel ini, kamu jadi bisa mengantisipasi untuk tidak stres dalam menghadapinya.

Di bawah ini 8 hal yang sering menghampiri kamu yang sedang proses menuju akad:

1. Banyak yang naksir

Hal ini sering terjadi, biasanya setelah dilamar ada lagi yang naksir kamu. Dia datang dengan penampilan lebih kece dan mapan. Kamu merasa yang baru datang adalah lebih baik dari sebelumnya. Semua yang datang setelah kamu mengambil keputusan dia adalah godaan. Tetap istighfar dan berdoa untuk yang terbaik, dan percayalah terhadap keputusan yang telah kamu ambil.

2. Godaan mantan

Masa lalu kerap hadir setelah kamu dipinang. Tiba-tiba dia menghubungimu melalui media sosial atau yang lainnya. Namun sebaiknya hindari berkomunikasi dengan mantan. Masa lalu biarlah menjadi masa lalu dan mulai menatap masa depanmu.

3. Tampak kekurangan pasangan

Semakin dekat dengan pasangan akan mulai nampak kekurangannya. Belum lagi jika teman-temannya ikut membocorkan kekurangannya. Tapi kan wajar, setiap orang tentu punya kelebihan dan kekurangan. Ketika kamu telah menerimanya, tandanya kamu juga siap menerima kekurangannya. Jadi lebih baik tutup telinga saja dan berusaha untuk membersamainya.

Baca: 3 Cara Ampuh Mengatasi Keraguan Sebelum Menikah

4. Masa kelam terlihat

Selain kekurangannya, jelas kamu akan tahu bagaimana masa lalunya. Kadang membuat kita tidak suka atau ilfeel. Tapi kembali lagi melihat pada diri kita. Kamu dan dia tentu memiliki masa kelam, tinggal bagaimana kamu dan pasanganmu mau atau tidak untuk berubah ke jalan yang lebih baik.

5. Keuangan kacau

Banyak hal yang perlu dipersiapkan sebelum menikah membuat keuangan menjadi kacau dan ikut membuat perasaanmu kacau. Maka dari itu menabung menjadi jawaban yang terbaik sebelum menikah, karena nantinya akan banyak sekali pengeluaran yang tidak terduga.

6. Keluarga tak support

Saat kedua keluarga sudah saling menyetujui, ada saja hal-hal yang diungkit terkait dengan pasangan. Entah itu tentang pribadi pasangan, keuangan hingga keluarganya. Termasuk rumitnya menentukan tanggal menikah karena adat.

7. Mendapatkan pekerjaan impian

Ada saja hal yang kamu sukai datang, termasuk pekerjaan impian. Sehingga kamu mulai memiliki rencana untuk menunda pernikahan agar bisa menjalani pekerjaan yang kamu impikan. Terkait pekerjaan, sebaiknya kamu diskusikan terlebih dahulu dengan keluarga dan pasangan.

8. Menjadi sering bertengkar

Pertengkaran sering terjadi sebelum menikah, apalagi untuk pasangan yang sama-sama sibuk. Banyak hal sepele yang selalu diperdebatkan. Membuat kamu merasa banyak ketidakcocokan dengan pasangan yang bisa menyebabkan kegagalan menikah.

Nah itu dia, 8 hal yang sering menghampiri sebelum proses akad. Bagi yang ingin menikah sebaiknya intropeksi diri masing-masing. Sebab semuanya tidak ada yang sempurna. Tetap diskusikan segala hal terkait pernikahan dengan pasangan, hal itu bisa menjadi kunci untuk menghadapi godaan-godaan sebelum menikah. Semoga bermanfaat.