Mengetahui sebab-sebab pertengkaran tentu sedikit banyak ingin mempelajari bagaimana solusi menghadapinya. Dalam sebuah pernikahan harus bisa saling berkompromi dan belajar untuk mengelola emosi yang baik, agar bisa mengerti satu sama lain dan bersepakat.

Setiap pertengkaran selalu bisa menjadi pembelajaran bagi kehidupan pernikahan ke depan jika bisa mengambil hikmah dari setiap kejadian. Menjadi fondasi pernikahan lebih kuat. Namun jika sebaliknya, justru bisa semakin berdampak buruk bagi hubungan. Dari setiap permasalahan, komunikasi adalah kunci. Berikut di bawah ini penjelasan bagaimana komunikasi adalah kunci kebahagiaan suami dan istri:

1. Memberi kesempatan pasangan untuk memberikan saran

Tidak ada salahnya mendengarkan saran dari pasangan sekalipun itu menyebalkan bagimu. Lebih baik pasangan yang memberi saran sebab dia tahu bagaimana kehidupanmu timbang orang lain bukan?

2. Belajar untuk saling memaafkan

Manusia tempatnya lupa dan alpa, dan pernah melakukan kesalahan. Belajarlah untuk meminta maaf dan memaafkan pasangan. Sampaikan pada pasangan tentang hal-hal yang tidak sukai dengan cara terbuka dan baik-baik. carilah titik tengah dengan berkompromi. Jika tingkat kesalahannya fatal atau dilakukan secara terus menerus dan membuatmu tertekan, maka perlu adanya pendampigan profesional dari pihak lain.

3. Membanjiri hubungan dengan empati dan kasih sayang

Jangan sungkan untuk selalu mengucapkan terima kasih sebagai bentuk penghargaan pada pasangan. Tunjukkan kalau anda bersyukur bisa mneikah dengannya. Rumah tangga yang baik adalah yang bisa menunjukkan empati dan kasih sayang pada pasangan.

Cobalah untuk bisa merasakan apa yang ia rasakan, berpikir bagaimana rasanya jika tukar posisi. Saat pertengkaran ada baiknya bisa menerima pendapat pasangan dan mencoba membangun kepercayaan. Jangan sampai bersifat defensif ketika berdiskusi sehingga kalian bisa menemukan jalan keluar dari setiap masalah yang ada. Semoga bermanfaat.