Banyak hal yang perlu dipersiapkan sebelum menikah selain kesiapan mental dan materi. Kamu juga harus membekali diri dengan melakukan tes kesehatan. Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan, risiko dan masalah kesehatan untuk mendapat pemeriksaan lebih lanjut. Tujuannya mengantisipasi sedini mungkin sebelum menikah karena mencegah lebih baik daripada mengobati.

Tes kesehatan harus dilakukan oleh calon mempelai pengantin pria dan wanita. Tes tersebut juga menjadi salah satu persyaratan sebelum menikah. Khusus untuk wanita, tes kesehatan bertujuan untuk mengetahui kondisi keseluruhan untuk mempersiapkan kehamilan nantinya. Sehingga kamu dan pasangan dapat menentukan perencanaan jangka panjang yang akan diambil setelah menikah dan lebih matang dalam mengambil keputusan terkait kesehatan.

Apa saja sih rangkaian tes kesehatan sebelum menikah? Dilansir dari Hellosehat.com begini serangkaian tes kesehatan sebelum menikah:

1. Pemeriksaan fisik

Tes fisik yang dilakukan meliputi pengecekan tekanan darah, serta penilaian riwayat kesehatan. Untuk wanita, adanya tekanan darah tinggi tentu akan berisiko bagi kesehatan janin dan kehamilan.

Tes riwayat kesehatan akan dilakukan untuk mnegetahui apakah terdapat penyakit tertentu sebelum menikah, diabetes misalnya. Hasilnya dapat menajdi petimbangan dan perhatian khusus saat program kehamilan.

baca: 3 Cara Ampuh Mengatasi Keraguan Sebelum Menikah

2. Pemeriksaan darah

Tes darah dilakukan untuk menganalisa apakah kamu memiliki penyakit kelainan darah atau tidak. Pemeriksaan darah meliputi pemeriksaan hemoglobin, sel darah merah, sel darah putih, trombosit, hemaktokrot, hingga lajut endap darah. Selain itu pemeriksaan darah dapat membantu menunjukkan berapa kadar koleterol, gula,dan lemak dalam tubuh.

3. Pemeriksaan urine

Pemeriksaan urine dapat membantu mendeteksi masalah kesehatan seperti gangguan pada organ paru-paru, ginjal, kandung kemih, dan organ lainnya yang akan memengaruhi urine. Faktor yang dinilai dalam tes urine yaitu warna, kejernihan, pH, bilirubin, kandungan darah, serta glukosa.

4. Pemeriksaan penyakit menular seksual

Melalui tes darah dan tes urine juga dapat mengetahui apakah mengidap penyakit menular seksual atau tidak. Keberadaan penyakit seperti HIV dan sifilis yang sulit dideteksi sebab tidak menunjukkan gejala spesifik. Oleh karena itu, dapat dideteksi dengan bantuan tes kesehatan sebelum menikah.

5. Pemeriksaan penyakit lainnya

Pemeriksaan ini dinamakan pemeriksaan TORCH (toksoplasmosis, rubella, cytomegalovirus, dan herpes tidak boleh terlewatkan agar tidak membahayakan selama kehamilan, para wanita dianjurkan mendapat vaksin TORCH sebelum menikah, maupun sebelum memulai program hamil.

6. Pemeriksaan organ reproduksi

Pengecekan organ reproduksi menggunakan ultasonografi (USG) meliputi vagina, leher rahim, rahim, saluran telur, serta indung telur.

Nah itu dia serangkaian tes kesehatan yang harus dilakukan untuk memenuhi persyaratan sebelum menikah. Semoga bermanfaat.