Banyak ilmu yang harus dipelajari oleh pasangan muda sebelum atau sesudah menikah, salah satunya adalah ilmu parenting. Parenting adalah ilmu yang berkaitan dengan cara mengasuh anak. Sebelum menikah atau memiliki anak, ada baiknya mempelajari ilmu yang satu ini.

Sebab semua orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Membekali diri dengan ilmu parenting sangat penting agar dapat menjadi orang tua yang cerdas dalam mendidik setiap generasinya.

1. Menentukan tujuan parenting

Kamu bisa memasukkan topik parenting saat mengobrol dengan pasangan. Menentukan tujuan parenting itu penting supaya kamu dapat memiliki pedoman pengasuhan sesuai kesepakatan bersama pasangan. Misalnya terkait dengan bagaimana cara mendidik, apa yang boleh dilakukan oleh anak, atau budaya yang akan diterapkan sejak usia dini.

2. Miliki mindset anak bukan beban

Sebaiknya buang jauh-jauh jika anak adalah beban. Padahal anak merupakan amanah yang dikirimkan Allah subhanahu wa ta’ala dan setiap pasangan yang diamanahi harus bisa menjaga sebaik-baiknya. Setiap sifat, kelemahan dan kelebihannya harus selalu disyukuri. Istilah buah jatuh tidak jauh dari pohonnya menandakan bahwa sifat anak terkadang menurun dari orang tuanya. Jadi, tidak ada yang perlu dijadikan beban atau anak selalu disalahkan.

Baca: Tips Penggunaan Ponsel Bagi Pasangan Menikah

3. Belajar dan bekerja sama dengan pasangan

Terus belajar dan bekerja sama dalam mendidik anak. Ilmu pengetahuan tentu amat luas dan selalu baru. Tidak ada salahnya mempersiapkan sejak dini atau belajar setelah mengetahui beberapa hal. Jika perlu belajar dengan yang ahli.

Bekerja sama memberikan pelajaran terbaik bagi anak. Selalu mengupgrade diri menjadi role model terbaik bagi anak. Supaya keluarga bisa terus berkembang. Sebab ketika orang tua menginginkan anak menjadi hebat, maka orang tua harus menjadikan dirinya hebat terlebih dahulu.

Nah, itu dia 3 ilmu parenting yang perlu dimiliki sebelum menikah. Sesuatu yang disiapkan sedini mungkin akan memberikan dampak baik ke depan. Sehingga tidak panik, bingung, ataupun keteteran. Karena keluarga yang akan menjadi pembelajaran hidup terbaik bagi anak, jadi siapkan yang terbaik untuk generasimu. Semoga bermanfaat.