Ponsel menjadi teknologi yang begitu dekat dalam membantu kehidupan manusia. Hampir-hampir tidak bisa lepas dari ponsel, sebab banyak kebutuhan yang bisa dipenuhi melalui ponsel. Saat ini semua beralih menjadi online, sehingga sering disebut apa-apa serba online, mulai dari memesan makanan hingga berbagai macam kebutuhan lainnya.

Banyak sekali manfaat yang didapat dari penggunaan ponsel. Meskipun begitu, ponsel juga bisa memberikan dampak buruk bagi kehidupan manusia. Salah satunya yang berkaitan dengan hubungan suami istri. Banyak pasangan mengeluh sebab dunia perselingkuhan berawal dari ponsel, saling berhubungan, kemudian dekat dan menimbulkan rasa nyaman sehingga menimbulkan kerusakan rumah tangga yang sebelumnya terjalin.

Alasannya klise, mantan atau kawan lama sebagai ajang silaturrahim justru merusak mahligai pernikahan. Apa sebaiknya tidak usah menggunakan ponsel saja. Berikut di bawah ini aturan penggunaan ponsel saat bersama pasangan:

1. Katakan apa yang dilakukan dengan ponselmu

Rasa curiga tidak bisa dipungkiri kerap hadir pada setiap pasangan saat salah satunya sedang asik bermain dengan ponsel. Namun dari pada membuat penasaran, lebih baik mengatakan apa yang dilakukan dengan ponselmu. Contohnya saat sedang melakukan perbincangan bisnis melalui grup aplikasi chatting. Dengan begitu pasangan itu tidak akan curiga lagi.

2. Jauhkan ponsel saat sedang bersama

Saat sedang melakukan kegiatan bersama, sebaiknya jauhkan ponsel. Quality time memang harusnya memiliki waktu sendiri, sehingga tidak ada kegiatan lain yang dapat mengusik keharmonisan yang sedang dibangun. Jauhkan ponsel saat berada di tempat tidur, mengobrol di teras atau saat sedang di dalam mobil.

Baca: 5 Ide Kegiatan Me-Time Bagi Pasangan Menikah Selagi #Dirumahaja

3. Batasi komunikasi dengan teman lawan jenis

Menurut Zack Carter, Ph. D, seorang asisten profesor komunikasi di Taylor University, Indiana, AS, yang dilansir dari parenting.co.id, sebaiknya jika merasakan adanya tarikan seksual atau emosional kepada lawan jenis khususnya saat berkomunikasi melalui ponsel, maka segera hentikan kegiatan ini. Sebab akan membuat hubunganmu semakin buruk dengan pasangan.

4. Jauhi bertengkar lewat ponsel

Bertengkar lewat ponsel sulit untuk diselesaikan dan tidak ada manfaatnya. Maka dari itu, sebaiknya segera bicarakan secara langsung dan diselesaikan.

5. Hindari sembunyi-sembunyi menggunakan ponsel

Antara suami istri tidak bisa sembunyi-sembunyi dalam menggunakan ponsel. Hal itu akan memperburuk hubungan. Contohnya mengangkat telepon di belakang pasangan atau selalu membawa ponsel kemana saja.

Nah, itu dia 5 tips penggunaan ponsel bagi pasangan menikah. Meskipun ponsel memiliki banyak manfaat namun sebaiknya digunakan dengan bijaksana. jangan sampai penggunaan ponsel jadi pemicu pertengkaran. Semoga bermanfaat.