Semakin dekat dengan pernikahan semakin banyak godaan dan pikiran yang membuatmu merasa tidak karuan. Apakah kamu sedang mengalaminya?

Menurut hasil penelitian UCLA, keraguan sebelum menikah terutama yang dirasakan perempuan, menjadi faktor yang diprediksi bisa meningkatkan angka perceraian.

Perempuan yang sempat ragu saat mendekati hari H pernikahan ternyata 2,5 lebih tinggi mengalami perceraian dibanding dengan perempuan yang yakin. Hal dihitung selama 4 tahun pernikahan.

Tentunya setiap orang hanya ingin menikah sekali dalam seumur hidup. Maka sebelumnya, yakinkan dan kuatkan hati bahwa kamu telah memilihnya menjadi pasanganmu. Meskipun tidak bisa dipungkiri keraguan tetap ada dan mengganggu.

Berikut di bawah ini 3 cara mudah dan ampuh mengatasi keraguan sebelum menikah.

Baca: 5 Ide Kegiatan Me-Time Bagi Pasangan Menikah Selagi #Dirumahaja

1. Cari tahu alasan menikahi dia

Kamu perlu melakukan me-time untuk mencari tahu alasan menikahi dia. Jika kamu perempuan, cari tahu alasan kamu menerima lamarannya. Sedang jika lelaki, cari tahu alasan mengapa kamu ingin menikahinya. Dengan mengingat kembali alasan-alasan itu kamu bisa mengusir keraguan yang ada, dan semakin membuatmu yakin untuk menikah dengan dia.

2. Cerita kepada sahabat yang berpengalaman

Sulit menyimpan keraguan dalam hati. Kamu perlu menceritakan apa yang kamu rasakan kepada teman atau sahabatmu yang sudah berpengalaman. Sehingga bisa menghilangkan apa yang mengganjal di dalam hatimu. Barang kali teman atau sahabat dapat memberikan solusi atau masukan yang tepat untuk menghilangkan keraguan yang ada.

3. Percaya kepada diri sendiri

Setelah keputusan yang kamu ambil, kamu harus percaya kepada dirimu sendiri. Jika kamu memang sudah memilih dia untuk menjadi pasangan seumur hidup, apapun yang kamu takutkan bisa melewatinya dengan baik bersama-sama. Dengan mempercayai diri sendiri kamu bisa mengatasi keraguan sebelum menikah.

Nah, itu dia 3 cara mudah dan ampuh mengatasi keraguan sebelum menikah yang bisa kamu terapkan. Kamu harus bisa menguatkan tekad atas niat baik yang akan dilakukan, sebab menikah adalah salah satu sunnah Rasulullah shallahu alaihi wa sallam. Jangan jadikan keraguan membuat semuanya kacau, percaya kamu bisa meyakinkan dirimu dan bisa melewatinya dengan baik. Semoga bermanfaat.