Segala sesuatu yang menguatkan pernikahan memang harus selalu dicari sebagai usaha mempertahankan pasangan. Apa sih hal sederhana yang bisa membuatmu bahagia dalam menjalani sebuah hubungan? Kata-kata romantis? Pamer kemesraan? Harta? Atau pujian dari banyak orang? Namun sebenarnya hal yang disebutkan tadi merupakan hal yang tidak begitu efektif untuk menguatkan pernikahan. Sebaliknya ada banyak hal sederhana yang dapat menguatkan pernikahan. Di bawah ini beberapa hal sederhana yang menguatkan pernikahan.

1. Tinggalkan beban kerja setelah di rumah

Ketika sudah sampai rumah, usahakan untuk meninggalkan segala beban kerja di rumah, sebab tubuh juga perlu istirahat. Kelelahan akan membuat tubuh kita tidak baik dan rasa lelah sering membuat emosi kita tidak stabil serta pikiran tidak fokus.

Tidur yang cukup dapat membuat suasana lebih baik dan pikiran menjadi jernih. Usahakan untuk tidur secara bersamaan dengan pasangan. Beberapa menit kebersamaan dengan pasangan menawarkan kesempatan untuk terhubung dengan pasangan setelah bekerja seharian. Hal itu membuka peluan untuk sebuah pelukan yang menenangkan.

2. Menentukan waktu senggang untuk q-time

Terpisah karena jarak dan kesibukan sehari-hari membuat kamu dan pasangan selalu membicarakan hal-hal yang mendesak saja. Kamu perlu menentukan waktu senggang untuk menghabiskan waktu. Kamu bisa mengobrol dengan pasangan tentang satu sama lain yang akan membuat hubungan menjadi lebih baik.

Menonton acara kesukaan bersama sambil memakan camilan dapat memunculkan percakapan bagaimana dengan hari-hari yang dijalani, keluh kesah akan membuat kamu lebih memahami pasangan. Jangan lupa untuk mendiskusikan keuangan secara teratur sehingga tidak menimbulkan kerancuan yang dapat memunculkan pertengkaran.

Baca: 5 Ide Kegiatan Me-Time Bagi Pasangan Menikah Selagi #Dirumahaja

3. Melakukan timbal balik bantuan pada pasangan

Tindakan timbal balik bantuan pada pasangan dapat membuat kebahagiaan pasangan bertambah. Meski pembagian tugas telah diberlakukan bukan berarti harus saklek pada aturan lelaki harus bekerja di luar dan istri mengurus anak dan pekerjaan rumah. Timbal balik bantuan seperti membuatkan teh saat pagi untuk istri dan menyapu rumah, atau mengejutkan suami dengan membuat camilan kesukaannya.

4. Selalu berikan pujian yang manis dan menyenangkan

Kesibukan terhadap rutinitas sehari-hari dapat membuat kita lupa untuk sekedar mengucapkan terima kasih atau melontarkan pujian-pujian kepada pasangan atas apa yang sudah dikerjakan. Seorang terapis, Spencer Northey menyarankan untuk mengucapkan terima kasih secara spesifik kepada pasangan.

Pujian juga dapat membuat pasangan merasa dicintai dan dihargai. Dengan begitu, pasangan merasa diperhatikan atas apa yang ia lakukan. Saling mengungkapkan hal-hal positif dapat meningkatkan kepercayaan diri pasangan sehingga menimbulkan dampak kebahagiaan.

5. Minta maaf saat bersalah

Selain ungkapan terima kasih, kata maaf memang sederhana. Namun terasa sulit jika tidak dibiasakan. Kata-kata sakral yang harus kamu keluarkan saat berbuat kesalahan.

Jangan sampai menuruti gengsi yang ada. Permintaan maaf yang tulus sangat membantu memperbaik perasaan pasangan yang terluka akibat kesalahan yang diperbuat. Mengakui kesalahan adalah perbuatan yang mulai terhadap pasangan.

nah, itu dia 5 hal sederhana yang dapat menguatkan pernikahan. Kekuatan pernikahan ada pada setiap individu pasangan dalam menyikapi permasalahan dalam pernikahan, termasuk melakukan hal sederhana yang jangan sampai terabaikan. Semoga bermanfaat.