Sebenarnya bukan perkara mudah bagi seorang wanita untuk menilai seseorang yang pantas untuk dijadikan suami. Pertimbangan tentang kecocokan dan kesiapan serta kesediaan pria, baik dari segi mental atau finansial menjadi point penting yang harus dipikirkan baik-baik oleh wanita. Karena pernikahan bukan hanya menyatukanmu dengan pasanganmu, melainkan penyatuan dua keluarga yang berbeda. Oleh karena itu, setiap wanita harus bisa memilih calon suami yang bisa menjadi pemimpin keluarga yang baik dan bertanggung jawab untuk keluarga kecilmu. Di bawah ini tips cara menilai laki-laki, apakah dia bisa menjadi suami yang baik untukmu?

1. Bagaimana hubungan dengan penciptanya

Kamu harus lihat bagaimana hubungannya dengan sang pencipta. Laki-laki yang memiliki hubungan yang baik dengan Allah bisa terlihat dari ibadahnya. Seberapa baik dia beribadah kepada Rabb-Nya, seberapa dekat dia dengan Alqur’an, bagaimana bacaan qur’annya, seperti apa pemahaman agamanya, karena ingat ketika kamu menikah kamu tidak hanya mencari pasangan hidup tapi juga imam yang bisa membimbingmu untuk sama-sama meraih ridho-Nya.

2. Bagaimana hubungan dengan orang tuanya

Kamu harus melihat bagaimana hubungan dengan orang tuanya, terutama kepada ibu. Kalau dia baik dengan beliau, dia menghormati dan menghargai mereka. Insya allah jika dengan pasangannya pun dia akan bersikap baik, senantiasa menjaga dan melindungimu.

3. Bagaimana etos kerja dan kedisiplinannya

Lihat bagaimana etos kerja dan kedisiplinannya. Jika dia rajin bekerja, disiplin serta bertanggung jawab dalam pekerjaannya, insya allah dia pasti akan selalu berusaha mencukupi kebutuhan keluarganya. Sebagai suami harus memiliki integritas dalam mencari rezeki, dan juga mampu mengatur pengeluaran agar tidak boros sehingga bisa seimbang dengan pemasukan.

Baca: Hal-hal yang Perlu Dibicarakan Sebelum Menikah

4. Bagaimana hubungan dengan sosial kemasyarakatannya

Lihat bagaimana kehidupan bertetangganya, kemampuan menjalin hubungan kemasyarakatan yang baik menjadi penting. Karena sebagai pemimpin dalam keluarga ia harus bisa menciptakan rasa aman dan dapat bersosialisasi dengan baik dengan keluargamu.

5. Bagaimana hubungannya dengan anak-anak

Kamu harus lihat seberapa tingkat kepeduliannya terhadap anak-anak kecil. Jika dia begitu perhatian pada anak-anak, maka insya allah kelak akan perhatian pada anak-anakmu. Sikap bijaksana sangat diperlukan untuk menghadapi sifat dan kelakukan anak-anak.

Setelah mengetahui 5 cara menilai apakah dia layak menjadi suami yang baik. bagi kamu yang masih ingin meyakinkan diri apakah dia baik untukmu, maka perhatikan 5 hal di atass serta perbanyak mendekatkan diri kepada Allah seperti shalat istikhoroh.