Sebelum menjadi sepasang suami istri yang sah, para pasangan harus melewati prosesi akad nikah. Sudah bukan rahasia, jika akad nikah bisa membuat para pasangan gugup. Bahkan ada cerita tentang pasangan yang salah menyebutkan nama calon istrinya. Wah bisa gawat jika ini terjadi padamu. Rasa gugup menjadi hal yang wajar, karena pada saat itu kamu menjadi pusat perhatian setiap orang yang datang. Sehingga sering muncul perasaan tidak nyaman atau pikiran-pikiran negatif, seperti “Nanti salah tidak ya?” “Apakah semua akan berjalan lancar?”. Namun perasaan gugup harus segara di atas agar tidak mengganggu pikiranmu.

Di bawah ini tips untuk atasi gugup sebelum akad nikah:

1. Tubuh yang fit

Tubuh yang fit sangat penting untuk menghadapi acara pernikahan. Biasanya setelah akad nikah, kamu akan berdiri berjam-jam menyambut tamu undangan. Pastikan kamu makan dengan teratur dan tidur yang cukup. Karena rasa gugup sering muncul pada tubuh yang kurang fit atau mengalami kelelahan.

2. Dukungan dan berpikiran positif

Jika sebagai mempelai perempuan, kamu bisa memberikan motivasi bahwa semuanya akan berjalan lancar dan bisa dilalui bersama-sama. Dukungan sangat dibutuhkan bagi pria yang akan mengucapkan ijab qabul di hadapan semua orang. Katakan padanya untuk selalu berpikiran positif. Yakin, bahwa semuanya akan dilalui dengan baik.

3. Menenangkan diri dan mencari kenyamanan

Sering kali rasa gugup semakin bertambah di tengan kebisingan. Cobalah untuk menepi sebentar, mencari tempat sepi untuk menenangkan diri sebelum akad nikah. Tarik dan hembuskan napasmu pelan-pelan, dan lakukan berulang-ulang sampai merasa nyaman. Ingat kembali kenangan-kenangan indah yang mengantarmu pada posisi saat ini. Atur posisi dudukmu senyaman mungkin pada saat akad nikah digelar.

4. Berbagi rasa gugup

Tidak ada salahnya berbagi rasa gugup pada kerabat dekat. Karena hal itu bisa mengurangi kegugupan. Tumpahkan saja keluh kesah yang ada. Selain itu, kerabatmu dapat membantu menemukan cara agar lebih rileks dalam menghadapi hari pernikahan.

Nah, itu dia Cara efektif untuk menghilangkan kegugupan pada saat akad nikah. Pikirkan bahwa hari bahagiamu akan berjalan lancar dan hanya terjadi sekali seumur hidup. Kamu akan jadi raja dan ratu seharian. Semoga berhasil!