Menikah adalah hal yang jelas membutuhkan persiapan. Bukan hanya materi atau uang saja. Tetapi kesiapan batin untuk bisa hidup bersama. Menikah bukan perkara mudah, namun bukan berarti kamu tidak bisa menjalaninya dengan baik. Kejujuran dan sharing adalah salah satu dasar dalam pernikahan, baik sebelum ataupun sesudah. Supaya bisa memahami karakter, kepribadian masing-masing dengan baik serta mampu menghadapi berbagai hal krusial yang bisa terjadi di masa depan.

Sebelum menikah, ada hal-hal yang harus dibicarakan dan didiskusikan terlebih dahulu. Belum banyak pasangan yang menyadari betapa pentingnya hal ini. Hal-hal yang mungkin dianggap remeh tapi sebenarnya bisa menjadi masalah besar dalam rumah tangga, antara lain:

1. Di mana akan tinggal?

Tempat tinggal adalah topik dasar yang harus dibicarakan. Apakah kalian sudah punya rumah sendiri, akan tinggal bersama mertua, atau menyewa rumah? Bagaimana keputusan akhirnya? Perdebatan tentang rumah sering kali menjadi masalah besar jika tidak dipikirkan dengan matang dan disepakati bersama.

2. Bagaimana manajemen keuangan?

Mengatur keuangan sangat penting ketika hidup bersama. Kesepakatan tentang apakah kalian sama-sama harus bekerja? Atau istri tidak boleh bekerja? Peranmu dan pasangan sangat mempengaruhi bagaimana manajemen keuangan. Siapa yang memegang kendali, mengurus semua keperluan yang berhubungan dengan uang, dan berapa uang yang dikeluarkan tiap bulan.

3. Siapa yang melakukan pekerjaan rumah tangga?

Selama ini pekerjaan rumah tangga selalu diserahkan kepada wanita. Memasak, mencuci baju, mengepel, dan segala hal membersihkan rumah. Tidak sepenuhnya salah. Namun hal ini harus dibicarakan dan disepakati. Karena posisi suami juga bisa membantu dalam melakukan pekerjaan rumah. Apalagi jika kalian sama-sama bekerja. Pembagian pekerjaan rumah tidak boleh dianggap sepele, karena berat jika harus dilakukan sendiri. Supaya bebab bisa dibagi sama rata, dan bisa dibagi dengan adil.

4. Bagaimana jika orang tua ikut campur?

Besar kemungkinan orang tua ikut campur ketika kalian tinggal serumah dengan beliau. Hal itu tentu bisa membuat kalian tak nyaman. Untuk mereka yang terpisah sekalipun, ada satu waktu di mana orang tua akan sering ke rumah dan ikut campur dalam hubungan pernikahan kalian. Bagaimana kalian menghadapi masalah ini? Diskusikan dan sepakati bersama.

Setiap pasangan memiliki pertimbangannya masing-masing dalam menghadapi sebuah topik. Menikah sama saja dengan memahami pasangan lebih dalam. Bersiaplah untuk menghadapi tantangan menarik. Komunikasi adalah yang terpenting untuk mengantisipasi perbedaan atau konflik yang akan muncul dalam pernikahan.