Akhir-akhir ini viral tayangan drama Korea berjudul “The World of Married” yang menarik sejumlah pecinta drama. Kisah yang bercerita tentang pasangan menikah yang kehidupan rumah tangganya mulai berantakan karena sebuah pengkhianatan, dan akhirnya menghadirkan kebencian. Pengkhianatan adalah salah satu masalah atau bahkan krisis terbesar dalam pernikahan. Perlunya memahami batas dalam hubungan adalah bagian yang sehat dan penting dalam suatu hubungan. Karena pernikahan merupakan sesuatu yang sakral, tidak boleh berlaku sembarangan. Selain batasan yang sehat, sikap saling percaya adalah salah satu kunci hubungan yang baik.

Di bawah ini beberapa tips yang dapat dilakukan agar rumah tangga tetap harmonis:

1. Menciptakan kehidupan romantis

Kehidupan romantis diperlukan dalam rumah tangga agar komunikasi tetap terjaga. Meski saling sibuk, sempatkan waktu untuk saling memberi perhatian dan menyalurkan kasih sayang. Hal itu bisa membuat suasana rumah menjadi lebih segar dan hangat.

2. Menjaga penampilan

Meski pasangan telah menerimamu apa adanya, namun masalah penampilan jangan dianggap sepele. Pada dasarnya penampilan menarik akan membantu menjaga pasangan. Tidak ada salahnya memakai pakaian yang membuat pasangan terkesan. Jangan jika di rumah masa bodoh dengan penampilan, di luar justru lebih rapi dari biasanya.

3. Beri perhatian dan kasih sayang

Beri perhatian dan kasih sayang untuk memenuhi kebutuhan emosional sangat penting. Bila pasangan melakukan hal baik, jangan sungkan untuk memberi pujian. Hindari terlalu sering mengkritik hal sepele agar pasangan tidak merasa tertekan dan stres. Tunjukkan rasa saling mencintai dan menghargai atas bantuannya selama ini. Serta penuhi kebutuhan lahir dan batinnya untuk menaikkan tingkat kepuasan dan suasana hatinya.

4. Tingkatkan keimanan

Hendaknya saling meningkatkan keimanan diri. Keimanan sangat penting untuk menghadapi segala macam godaan dalam kehidupan berumah tangga. Sebaiknya tetapkan di beberapa waktu untuk shalat berjamaah, dan mengaji bersama. Selain itu, kamu juga bisa menetapkan seminggu sekali bangun pagi untuk olahraga jalan santai bersama, sama-sama merenungi dan mensyukuri nikmat yang ada.

Demikian, 4 tips yang dapat dilakukan agar rumah tangga tetap harmonis. Tetap fokus pada pasangan dan sama-sama menanamkan komitmen untuk saling setia dan bertahan satu sama lain. Semoga bermanfaat!