Salah satu dasar dalam memperkuat sebuah penikahan adalah pemahaman. Saling memahami adalah kunci dari rumah tangga yang kuat dan stabil. Tentu itu butuh proses, namun apa gunanya jika dalam suatu hubungan tidak saling memahami.

Dalam proses memahami pasangan, kamu harus menerima beberapa hal tentang dirinya secara umum. Setelah kamu mampu menerima hal-hal yang ada di dalam diri pasanganmu, kamu bisa mengerti pasangan jauh lebih baik. Sehingga hubunganmu menjadi lebih harmonis.

Di bawah ini 5 cara memahami pasangan:

1. Menerima pasangan apa adanya

Lihatlah pada apa adanya bukan ada apanya pasangan. Menerima pasangan berarti menerima segala kekurangan dan kelebihan. Kamu tidak bisa merubah pasangan sesuai kehendakmu. Kalaupun ada dalam diri pasangan yang baiknya harus dirubah, maka bicarakan terlebih dahulu agar tidak menimbulkan masalah. Dengan begitu pasanganmu merasa dihargai.

2. Percaya dengan pasangan

Kepercayaan merupakan kunci dalam sebuah hubungan yang baik. bersikaplah jujur dan tidak menyembunyikan sesuatu yang akan menyakiti pasangan. Jika dalam hubungan hanya ada rasa saling curiga, kamu akan sulit berbagi perasaan. Karena seiring berjalannya waktu, kepercayaan akan membawa hubungan yang saling memahami.

3. Habiskan waktu bersama

Menghabiskan waktu bersama adalah cara yang efektif untuk memahami pasangan. Sesibuk apapun sisihkan waktu untuk pasangan, agar hubungan menjadi makin dekat dan makin banyak hal-hal yang akhirnya bisa kamu ketahui dari pasanganmu.

4. Ubah kebiasaan buruk

Kesalahpahaman juga bisa terjadi karena kebiasaan buruk pada dirimu. Meski berbeda gender, pekerjaan istri ataupun suami bisa dilakukan dengan saling kerja sama. Tidak terpatok suami hanya mencari nafkah, istri mengerjakan pekerjaan rumah. Pahamilah pasangan dengan saling membantu, dan jangan membanding-bandingkan mereka dengan orang lain.

5. Memberi apresiasi atas pekerjaannya

Memahami pasangan dengan memberi pujian sangat diperlukan. Meski mereka tidak meminta, namun bukan berarti tidak memerlukan pujian. Dengan memberi pujian, dia mulai menyadari seberapa penting dirinya di kehidupanmu. Mengetahui kebutuhan emosional dan kebutuhan akan pujian akan membantu kamu memahami pasangan lebih baik.

Dalam sebuah hubungan anda perlu memahami lebih dalam pasanganmu. Saling terbuka satu sama lain, karena dia juga tidak bisa membaca pikiranmu begitupun sebaliknya. Setiap pasangan harus berkerja sama untuk saling memberikan pemahaman. Semoga bermanfaat!