Pernikahan sering kali menjadi momok menakutkan, jika mendengar fakta beberapa orang merasakan ketidak-harmonisan antara menantu dengan mertua. Sehingga menyebabkan beberapa orang sering kali mengulur-ulur waktu untuk menikah sampai dirinya siap untuk mengarah ke jenjang yang lebih serius dengan pasangan.

Ya, memang hal itu bukan hanya sekadar mitos. Berdasarkan penelitian, konflik memang sering tumbuh di antara menantu dan mertua. Tentu kamu tidak mau bukan, membiarkan hubunganmu dengan mertua jadi canggung bahkan sampai bentrok. Sebagai menantu yang baik. Kamu harus bisa mengambil hati mertua. Nah, bagaimana caranya?

Di bawah ini tips mengambil hati mertua:

  1. Mengenal lebih dalam tentang mertuamu

Cari tahu lebih dalam tentang calon mertuamu, meski itu bukan hal yang kamu sukai.
Ini langkah awal untuk mengambil hati mertua. Cari tahu apa saja kesukaannya meski itu berlawanan denganmu. Itu bisa menjadi salah satu cara untuk mengakrabkan diri dengan calon mertua.

Kamu jadi bisa punya bahan obrolan. Selain itu, cobalah untuk menemani mereka melakukan kegiatan yang mereka sukai, kamu bisa berusaha dekat dengan diskusi kecil soal sesuatu yang menyenangkan.

  1. Bawa makanan kesukaan mertua sewaktu berkunjung


Cara ini cukup klasik sebenarnya. Namun terbukti sepanjang masa dan ampuh. Dengan kamu membawakan makanan kesukaan calon mertua. Kamu menunjukkan perhatian kepada beliau. Sekalipun beliau mungkin belum menunjukkan rasa ketertarikannya, minimal kamu akan mendapatkan simpatinya. Jangan kasih kendor, pepet terus.

  1.  Berpakaian dengan pantas


Bukan berarti kamu tidak bisa menjadi diri sendiri. Hanya saja penampilan memang penting untuk mengambil hati calon mertua. Kamu tidak bisa memakai pakaian semaumu.  Sudah sepatutnya kamu mengenakan pakaian yang sopan saat bertemu, sebagai tanda bahwa kamu menghormatinya. Hindari memakai baju yang terbuka atau mini agar beliau tidak berpikir ke arah yang negatif setiap kali bertemu.

  1. Bersikap sopan dan hormat

Semua mertua pasti ingin mendapatkan menantu yang sopan dan hormat kepadanya. Maka dari itu, tunjukkan sikap sopan dan hormatmu saat bertemu. Perhatikan etika saat makan dan bangun pembicaraan yang santai namun tetap sopan. Kamu juga harus bersikap natural, jujur dan apa adanya.

Jangan berbicara mengenai hal-hal sensitif di hadapan mertua. Beri perhatian dengan menunjukkan rasa tertarikmu pada pembicaraan yang beliau bangun. Jangan sungkan untuk ringan tangan, jika sewaktu-waktu calon mertua membutuhkan bantuanmu.

Sudah tahukan bagaimana tips mengambil hati calon mertua. Dijamin bisa bikin kamu lebih rileks saat bertemu dengan calon mertua. Lakukan sebaik yang kamu bisa. Semoga bermanfaat!