Pernikahan identik dengan pesta yang ramai dan meriah. Sanak saudara serta berbagai kalangan hadir untuk mendoakan sang pengantin. Beberapa dari mereka memilih mengadakan pesta pernikahan besar-besaran. Namun banyak juga yang memilih menikah dengan mengadakan pesta pernikahan dengan low budget.

Setiap pasangan berusaha untuk menciptakan momen terbaik dalam pernikahan. Tidak jarang, pernikahan dinilai berat ketika melihat dari segi nominal. Bahkan ada yang sampai stress karena besarnya keinginan menikah namun keuangan terbatas. Untuk kamu yang ingin mengadakan pesta pernikahan dengan dana terbatas. Di bawah ini tips gelar pernikahan dengan low budget, yang kamu jadikan acuan.

  1. Buat pesta di rumah

Ada baiknya kamu membuat pesta yang diadakan di rumah. Dengan begitu kamu bisa mengalokasikan dana sewa ke gedung ke komponen yang lainnya. Tidak perlu memaksakan diri menggelar pesta di gedung besar dan mewah. Sebenarnya itu akan menghabiskan lebih dari setengah dana yang anda miliki. Dengan membuat pesta di rumah, biaya pernikahanmu bisa ditekan. Cara ini sudah banyak dilakukan orang-orang dan terbukti ampuh.

  1. Selektif memilih tamu undangan

Kamu bisa menyeleksi tamu undangan, seperti sanak keluarga terdekat. Semakin banyak tamu, biaya yang dibutuhkan tentu akan sangat besar. Kamu bisa menggunakan google untuk membuat form RSVP supaya tahu siapa saja yang bisa datang ke pernikahanmu. Pilih dan tentukan tamu undangan secara selektif, bisa perlu minta saran orang tua.

  1. Buat dekorasi sederhana

Kamu bisa mengatur dekorasi pesta yang bisa kamu inginkan nantinya, jika kamu atur sendiri dekorasinya. Tentu akan jauh lebih hemat dibanding menggunakan jasa dekorasi pihak lain.

Sebenarnya konsep “garden party dan kids friendly cocok untuk kamu yang menginginkan pernikahan dengan lo budget. Mengingat dekorasi yang diperlukan sederhana namun tetap berkesan. Konsep tersebut biasanya tidak menggunakan pelaminan.

  1. Masak sendiri hidangan pesta

Kamu bisa menggunakan cara ini untuk memangkas budget katering. Masang sendiri hidangan pesta sering kali dilakukan orang jawa. Dibantu sanak keluarga dan tetangga terdekat sering kali dikenal dengan istilah “sinoman” atau bantu-bantu orang yang memiliki hajat. Mereka bergotong royong memasak makanan untuk dihidangkan kepada tamu undangan.

  1. Sewa baju pengantin

Sebaiknya tidak perlu membeli baju pengantin dengan harga yang berjuta-juta karena baju pengantin hanya dipakai untuk satu kali saja. Kamu bisa menyewa baju untuk pagar ayu beserta keluarga jika perlu. Biasanya jika menyewa lebih banyak barang kamu bisa dapat diskon.

Nah, setelah mengetahui tips gelar pernikahan low budget. Kamu bisa lebih menghemat pengeluaran pernikahan dan dapat menyiapkan biaya tak terduga. Dana yang lain tentu bisa kamu alokasikan untuk kehidupan setelah pernikahan. Semoga bermanfaat!