Cincin merupakan perhiasan yang sering dipakai kaum hawa untuk mempercantik dan meningkatkan kelas sosial. Cincin sering kali disimbolkan sebagai sebuah ikatan, bentuk cincin yang melingkar menggambarkan keabadian, sebuah ikatan yang tidak berujung hingga selamanya. Oleh sebab itu, cincin biasa digunakan untuk mengikat pada pertunangan atau pernikahan.

Momen pernikahan menjadi sakral. Biasanya pihak perempuan menanti-nanti kapan datangnya lamaran atau prosesi pertunangan. Kaitannya dengan cincin, di Indonesia pertunangan biasanya ditandai dengan pasangan yang saling menyamatkan cincin atau tukar cincin. Namun ada juga yang hanya menyematkan kepada pihak perempuan saja.

Cincin tunangan ini memiliki makna sebagai simbol komitmen untuk tetap bersama – sama menjelang hari pernikahan. Bagaimana dengan cincin pernikahan? Apakah berbeda? Berikut ulasan perbedaan cincin nikah dan cincin tunangan:

  1. Berdasarkan bentuknya, berlian pada cincin nikah biasanya lebih kecil, tidak menonjol, dan hanya bersifat pemanis.
  2. Cincin tunangan, sifatnya berdiri sendiri. Tidak harus selalu sepasang. Saat tunangan, pihak pria memberikan cincin kepada pihak perempuan sebagai simbol keterikatan, bahwa ia akan segera menikah. Sedangkan cincin nikah, pertanda ikatan pernikahan. Kedua pihak resmi dinyatakan sah secara hukum negara dan agama.
  3. Cincin pertunangan kebanyakan menggunakan bahan baku emas dan titanium. Sedangkan cincin nikah menggunakan emas, karena nilai jualnya bagus untuk investasi.
  4. Sebenarnya tidak ada aturan baku cincin nikah atau cincin tunangan. Ketika semuanya telah pasti, pihak perempuan menerima tidak ada salahnya untuk langsung memberikan cincin nikah untuk menghemat keuangan.
  5. Cincin tunangan dan cicin nikah dikenakan di jari manis tangan kiri. Oleh sebab itu, banyak pengantin wanita yang melepas cincin tunangan dan memindahkannya ke jari manis kanan, supaya pengantin pria dapat mudah menyematkan cincin nikah. Sedangkan, di Indonesia cincin nikah dikenakan di jari manis tangan kanan.

Saat ini muncul tren baru yang dinamakan Stacking atau penumpukkan. Para pengantin wanita memilih untuk mengenakannya berbarengan di jari tengah dan jari manis. Namun ada juga yang menumpuk kedua cincin di jari yang sama. Semoga bermanfaat!