Dalam pernikahan perlu banyak hal yang harus dipersiapkan. Mulai dari acara lamaran, resepsi, serta tamu undangan. Di Indonesia pada proses lamaran tidak pernah lepas dari tradisi hantaran atau biasa disebut seserahan. Seserahan merupakan pelengkap sebuah acara pernikahan.

Seserahan berarti mempelai pria menyiapkan sesuatu yang wajib dibawa saat lamaran. Hal itu sebagai simbol bahwa mempelai pria dapat memberikan bekal kehidupan bagi mempelai wanita. Meski begitu, beberapa orang mungkin masih banyak yang bingung apa saja item-item yang harus dibawa sebagai hantaran kepada pihak wanita.

Di bawah ini seserahan yang biasa dipersiapkan untuk acara pernikahan:

  1. Peralatan shalat

Shopee.co.id

Seserahan ini bersifat wajib. Peralatan shalat diartikan sebagai sebuah simbol bahwa pengantin menjalani rumah tangga ini akan selalu berpegang teguh kepada agama. Sebagai tanda suami siap menjadi pendamping dan akan membimbing istri agar menjadi istri yang sholehah. Isinya terdiri dari mukena, sajadah, dan al-Qur’an.

  1. Perhiasan

Perhiasan juga diletakkan dalam seserahan, selain mahar. Jika pihak wanita menginginkan dan laki-laki menyanggupi maka bisa menjadi isi dari seserahan.

Biasanya disesuaikan dengan budget atau permintaan dari pasangan. Terdapat berbagai jenis perhiasan, seperti gelang, cincing, dan kalung.

  1. Make Up dan alat mandi

Barang wajib untuk kaum hawa yang perlu dipersiapkan adalah make up dan peralatan mandi. Keduanya menyimbolkan bahwa pihak pria sudah siap menjaga penampilan istrinya dengan baik. Selain itu, tanda bahwa pihak laki-laki siap untuk memenuhi kebutuhan istri dan keluarganya melalui pemenuhan barang sehari-hari.

Untuk hal yang satu ini, sebaiknya pihak pria menanyakan daftar make up yang harus dibeli karena wanita sangat concern dan lebih detail jadi biarkan wanita yang memilih. Kamu tinggal bayar saja.

 

  1. Seperangkat pakaian


Pinterest.com

Daftar seserahan berikutnya adalah seperangkat pakaian termasuk pakaian dalam. Seperangkat pakaian sebagai simbol bahwa kedua belah pihak harus bisa menyimpan baik setiap rahasia rumah tangganya kelak.

Pakaian disini biasanya kerudung, dress atau kebaya, sepatu, serta pakaian dalam. Sama seperti make up, sebaiknya serahkan urusan ini kepada pihak wanita yang akan memilih supaya tidak ada kesalahan nomor baju dan model yang diinginkan.

  1. Makanan dan buah-buahan

Seserahan yang wajib dibawa berikutnya adalah jenis-jenis makanan dan buah-buahan. Beberapa seserahan memiliki ciri khas makanan tradisional, seperti betawi dengan roti buaya, Jawa dengan dodol wajik dan gemblong.

Makanan tradisional sebagai simbol bahwa cinta yang sedang terikat antara keduanya akan selalu melekat dan awet sepanjang masa. Perlu diperhatikan, pilihlah buah yang tidak cepat busuk, dan perhatikan pada saat pengemasan buah atau makanan agar tidak hancur.

Nah, sudah tahukan beberapa barang seserahan yang harus dibawa oleh pihak pengantin pria. Biasanya seserahan berjumlah 5-7 kotak bahkan lebih. Namun perlu diketahui seserahan bukan hanya untuk wanita saja, ada juga seserahan untuk pria sebagai prosesi simbol tukar seserahan antar keluarga.

Isi seserahan pria lebih simple, seperti parfum, dompet, pakaian formal/non formal, jam tangan, dan sepatu. Untuk memudahkan memilih sebaiknya kedua belah pihak saling meluangkan waktu untuk membelinya, baik untuk kebutuhan pihak wanita maupun kebutuhan pihak pria agar sesuai dengan yang diharapkan. Semoga bermanfaat!