Banyak hal penting yang harus dipersiapkan menjelang pernikahan. Namun jangan lupa dengan sederet orang-orang yang akan kamu undang. Undangan merupakan hal yang krusial dalam pernikahan, untuk itu jangan sampai terlalu mepet dalam menyebarkan undangan.

Kapan waktu yang tepat untuk menyebarkan undangan?

Tentunya tamu yang akan kamu undang menjadi pertimbangan kapan kamu akan menyebar undangan. Apalagi jika desain undangan dibuat sesuai desain yang kamu inginkan. Pasti memerlukan waktu yang sedikit lebih lama.

Jika kamu mengundang tamu yang tinggalnya jauh, maka jauh-jauh hari kamu sudah harus memberi informasi kepada mereka. Pun undangan yang akan kamu berikan kepada tamu-tamu penting, seperti pertinggi perusahaan atau kalangan pejabat. Mengingat kesibukan mereka, jangan sampai kamu memberi undangan dalam waktu mepet.

Sebelumnya kamu butuh waktu 6 bulan untuk mempersiapkan undangan, mengingat membuat undangan butuh waktu yang lama, karena memikirkan siapa saja yang akan kamu undang dan desain undangan.

Sedangkan, waktu ideal untuk menyebar undangan adalah satu bulan sebelum pernikahan. Waktu sebulan cukup untuk berjaga-jaga bila ada perubahan rencana. Dalam waktu sebulan, besar kemungkinan rencana pernikahanmu sudah matang, misalnya venue pernikahan. Ada beberapa waktu perbedaan untuk menyebar undangan berdasarkan prang-orang yang akan kamu jangkau, antara lain:

  • Bagi tamu undangan teman atau kerabat dekat. Idealnya 2 minggu sebelum pernikahanmu berlangsung. Pertimbangannya undangan yang kamu berikan tidak cukup kamu sebar dalam waktu satu hari. Sehingga seminggu sebelum pernikahan, masalah undangan sudah beres semuanya.
  • Bagi tamu undangan yang tinggal di luar kota. Idealnya sebulan sebelum pernikahanmu berlangsung, agar mereka dapat menyiapkan akomodasi dan transportasi tanpa terburu-buru untuk bisa datang ke pernikahanmu.

Mengapa perlu waktu yang tepat untuk menyebar undangan?

Menyebar undangan merupakan hal yang ahrus diperhatikan. Setidaknya kamu tidak menyebar undangan terlalu dekat atau terlalu jauh. Bila mengundang tamu terlalu mepet. Besar kemungkinan dia tidak bisa hadir ke pernikahanmu, karena merasa undangan datang terlalu mendadak, atau sudah ada jadwal kesibukan lain.

Namun bila kamu menyebar undangan terlalu jauh dari hari pernikahanmu. Besar kemungkinan mereka tidak hadir, karena mereka lupa untuk hadir. Bahkan bisa saja undanganmu justru tertumpuk dengan barang-barang lainnya. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk merencanakan kapan waktu yang tepat untuk menyebar undangan. Semoga bermanfaat!