Persiapan fisik menjelang pernikahan menjadi hal yang harus kamu perhatikan. Mengingat pernikahan merupakan acara sakral yang disaksikan banyak orang. Pasangan pengantin tentu menjadi sorotan sepanjang hari pernikahan.

Tampil menarik di hari pernikahan merupakan dambaan setiap pengantin. Terlepas dari ritual adat apapun. Sangat penting, persiapan fisik menjelang pernikahan. Selain perihal kebutuhan finansial, dan mental. Kebutuhan fisik sebelum menikah harus dipenuhi agar dapat tampil menarik.

Persiapan menjelang pernikahan akan sangat menguras tenaga, batin dan juga pikiran. Jangan sampai kamu terlihat kusut dan berantakan di hari pernikahan. Alih-alih terlihat raja dan ratu, kamu justru akan terlihat seperti upik abu. Jangan biarkan hal itu terjadi. Berikut di bawah ini, beberapa persiapan fisik yang harus kamu lakukan sebelum menikah.

  1. Rutin berolahraga

Rutin berolahraga merupakan hal yang wajib kamu lakukan menjelangan pernikahan. Lakukan olahraga ringan. Kamu hanya perlu olahraga minimal 2,5 jam dalam seminggu. Misalnya jogging atau berjalan kaki di waktu pagi. Olahraga tersebut dapat meningkatkan pernapadan dan jantung, serta memperkuat otot-otot tubuh kamu.

  1. Tidur yang cukup

Berikan waktu tidur yang cukup untukmu. Idealnya 8 jam. Dengan tidur yang cukup, tubuhmu akan menjadi lebih fit sehingga mengurangi stress yang dapat menyebabkan sakit kepala dan sulit berkonsentrasi.

  1. Makan-makanan bergizi

Makan-makanan bergizi dalam arti, kamu bisa membatasi makanan dan minuman yang tinggi kalori dan lemak. Kombinasikan buah-buahan dan sayur-sayuran ke dalam makanan sehari-hari. Jika kamu suka makan semilan, pilihlah cemilan yang sehat.

Kurangi makan-makanan cepat saji atau instan. Jika ingin diet, sebaiknya konsultasikan pada dokter terkait program diet yang baik. sehingga gizi yang didapat sesuai dengan kebutuhan kamu.

  1. Melakukan perawatan kecantikan

Tak jarang, pengantin melakukan perawatan kecantikan. Manfaatkan waktu luang di sela-sel waktu mengurus pernikahan untuk memanjakan tubuhmu agar terlihat segar.

Dokter kecantikan biasanya akan merekomendasikan perawatan dari ujung kaki hingga kepala, seperti spa, manicure, pedicure, perawatan wajah dan rambut, seperti creambath atau facial. Lakukan secara berkala minimal 2 minggu sebelum pernikahan.

  1. Cek kesehatan

Sebelum menikah, lakukan medical cek up untuk mengetahui kondisi tubuhmu. Minimal 6 bulan sebelum pernikahan. Tanyakan hal-hal yang harus dilakukan baik sebelum maupun sesudah pernikahan. Sehingga jika terjadi sesuatu dapat diatasi lebih awal.

Jadi, setelah mengetahui hal-hal di atas. sebaiknya kamu terapkan dengan baik. Persiapan fisik menjelang pernikahan dapat membuatmu tampil maksimal seperti raja dan ratu. Semoga bermanfaat!