Menikah adalah suatu anjuran yang harus dilaksanakan umat manusia yang telah mampu. Namun sebelum menikah, ada baiknya jika kita lebih berhati-hati dalam mencari pasangan, karena menikah adalah untuk hidup bersama-sama seumur hidup dan selama-lamanya. Menemukan jodoh atau pasangan hidup beda halnya dengan sekedar mencari teman atau pendamping untuk menemani saat kita bersenang-senang seperti makan, nonton, atau liburan saja, tetapi juga siap menemani disaat duka, rela berkorban, saling mengerti, menghormati, setia dan tentunya mencintai dan menerima diri kita apa adanya. Karena tujuan pernikahan adalah terciptanya keluarga yang sakinah, mawaddah, dan warahmah.

Berikut adalah beberapa strategi dalam menemukan calon pendamping hidup yang harus dimiliki oleh seseorang baik itu laki-laki maupun perempuan. Berikut ini penjelasannya.

  1. Memperluas pertemanan

Berteman bukan hanya sekedar untuk menjalin silaturrahmi tetapi juga bisa dijadikan sebagai ajang pencarian jodoh. Dengan memperluas pertemanan bisa jadi jodoh kamu akan datang secara  tidak terduga atau bahkan bisa berjodoh dengan teman kamu sendiri.

  1. Memanfaatkan social media

Tidak menutup kemungkinan jika jodoh yang kamu cari-cari selama ini adalah teman lama mu atau bahkan orang-orang yang baru kamu kenal di social media. Tidak dipungkiri bahwa rasa nyaman bisa datang walau hanya sekedar lewat chatingan di social media.

  1. Bantuan dari saudara dan teman

Kamu juga bisa meminta bantuan kepada teman atau saudara mu untuk mencarikan jodoh. Terbukalah kepada saudara atau temanmu tentang masalah jodoh, siapa tau mereka bisa memberikan solusi atau malah bisa menjodohkan kamu dengan orang yang dikenalnya.

Sambil menunggu jodoh datang, yuk mulai fokus untuk selalu menjadi pribadi yang lebih baik dan memantaskan diri untuk menyambut jodoh yang kamu idam-idamkan. Beberapa cara berikut bisa kamu lakukan untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan baik lagi.

Yang pertama adalah keyakinan, yakin merupakan langkah awal untuk kamu mencari jodoh, selalu yakin dan berpikir positif bahwa jodoh kamu akan segera datang  dengan begitu, kamu akan cepat menemukan pendamping.

Kedua, memperbaiki penampilan, penampilan adalah hal yang sangat penting untuk mencari pemdamping hidup. Tapi jangan salah dulu, memperbaiki penampilan tidak harus dengan yang mahal-mahal cukup dengan hal yang sederhana dan wangi pasti jodohmu akan segera mendekat

Yang ketiga adalah bertanggung jawab, mengungkapkan rasa cinta adalah hal yang sangat mudah namun ungkapan tersebut tidak akan berarti apa-apa jika kamu tidak menunjukkan rasa tanggung jawabnya.

Terwujudnya segala sesuatu yang kamu inginkan tidak terlepas dari sebuah perjuangan. Jangan pernah putus asa, selalu lakukan yang terbaik, iringi dengan doa dan berpasrah diri semoga semua upaya baik yang kamu lakukan akan segera berbuah manis dan kamu bertemu dengan jodoh yang kamu idamkan. Amin.