Masjid adalah tempat ibadah umat islam atau muslim. Maka dari itu harus senantiasa dijaga kesuciannya, karena masjid merupakan tempat bersatunya umat muslim untuk melakukan shalat berjamaah dan kegiatan ibadah islam lainnya.

Selain itu, masjid juga sering kali digunakan sebagai tempat akad nikah. Hal itu diperbolehkan asal sesuai dengan aturan islam, kemudian tidak mencampur baur laki-laki dan perempuan yang bukan mahram, tidak menggelar musik dan tidak mengganggu orang lain yang datang untuk beribadah.

Meski masjid menjadi tempat akad nikah, baik sang pengundang dan tamu undangan yang hadir tetap tidak boleh melupakan adab ketika berada di masjid. Di bawah ini adab-adab ketika berada di masjid.

  1. Berjalan menuju masjid dengan tenang dan sopan

Berjalanlah dengan tenang, jangan tergesa-gesa saat memasuki masjid. Karena masjid merupakan tempat ibadah, sehingga perlu kekhusyukan dan ketenangan. Hendaklah berdo’a ketika masuk masjid dan dahulukan kaki kanan.

Do’a ketika berjalan menuju masjid:

اللّٰهُمَّ افْتَحْ لِيْ اَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

Allahummaf tahlii abwaaba rohmatik

Artinya: “Ya Allah, bukalah untukku pintu-pintu rahmat-Mu”

  1. Shalat tahiyyatul masjid

Disunnahkan melakukan shalat dua rakaat sebelum duduk di masjid. Tahiyyatul masjid sama dengan melakukan penghormatan terhadap masjid. Sama halnya dengan mengucap salam saat masuk ke suatu tempat atau salam saat bertemu sahabat.

Dalam kitab (Fathul Bari: 2/407) Ibnu Hajar rahimahullah berkata, “Tahiyyatul Masjid adalah shalat yang dilakukan sebanyak dua Roka’at, dan dikerjakan oleh seseorang ketika masuk ke masjid. Berdasarkan konsensus hukumnya sunnah karena hal itu merupakan hak setiap orang yang akan masuk ke masjid.

  1. Memuliakan masjid

Ada banyak cara untuk memuliakan masjid. Dengan bersikap sopan dan senantiasa menjaga kebersihan masjid. Kemudian hendaknya tidak mengeluarkan suara yang keras dan banyak bermain-main. Hal itu sama saja dengan meremehkan masjid. Di dalam masjid juga tidak boleh bertengkar kemudian melantunkan syair yang tidak baik di masjid atau bahkan meludah sembarangan.

Jika tamu undangan membawa anak kecil, hendaknya sebelum berangkat ke masjid supaya diperingati untuk tidak berlari-larian di dalam masjid. Orang tua hendaknya tetap mengawasi tingkah laku anak di dalam masjid.

  1. Membaca do’a keluar masjid dan dahulukan kaki kiri

Saat masuk masjid kamu disunnahkan untuk berdo’a. Maka keluar masjid pun dianjurkan membaca do’a. Kemudian dahulukan kaki kiri.

Do’a keluar masjid:

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ

Allahumma innii asaluka min fadlik

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon keutamaan dari-Mu”

Demikian, beberapa adab-adab masjid yang harus diamalkan. Ketika berada di masjid hendaknya menjaga tingkah laku, sehingga tidak menimbulkan kekacauan di dalam masjid. Akad nikah bisa berjalan baik dan lancar tanpa halangan suatu apapun.

Wallahu a’lam. Semoga bermanfaat.