Ada kalanya dimana setiap orang yang berpasang-pasangan ingin menjalin hubungan yang lebih serius lagi yaitu dengan menikah. Menikah adalah menyatukan dua insan yang berbeda untuk hidup bersama-sama. Menikah merupakan langkah yang sangat besar untuk kita semua. Untuk itu perlu disiapkan dengan matang-matang kebutuhan calon suami dan calon istri mulai dari persiapan jasmani, rohani, hingga urusan finansial atau keuangan. Yang dulunya hanya mengatur keuangan untuk diri sendiri sekarang harus mengatur dan membagi keuangan untuk kebutuhan 2 orang. Tentu saja hal itu akan berbeda. Namun jangan khawatir  karena disini akan diulas mengenai perencanaan keuangan agar rumah tangga bisa berjalan dengan lancar.

  1. Diskusikan dengan pasangan apa saja yang akan menjadi prioritas

Menjadi satu pasangan tentunya memiliki perbedaan dalam hal keinginan maupun kebutuhan, termasuk juga dalam mengatur keuangan. Tetapi selama ada diskusi dan komitmen tentunya hal itu tidak akan menjadi masalah yang besar.

  1. Memisahkan alokasi dan pendapatan gaji masing-masing

Calon pengantin dapat membagi penghasilan gaji untuk kebutuhan yang telah disepakati, misalnya gaji calon suami untuk mencicil pesta pernikahan dan gaji calon istri untuk mencicil atau membayar DP rumah, atau bisa sebaliknya.

  1. Menetapkan pengeluaran harian maupun bulanan

Menghitung segala pengeluaran sangat penting untuk mengetahui berapa besaran yang dikeluarkan per bulannya. Hal ini bermanfaat untuk menyesuaikan antara pendapatan dan pengeluaran.

  1. Berkomitmen untuk menyisihkan uang bulanan untuk tabungan

Hal yang paling penting setelah menikah adalah untuk menyisihkan sebagian pendapatan untuk tabungan. Walaupun hanya sedikit nominalnya yang penting adalah untuk terus berkomitmen.

Tabungan yang terkumpul juga bisa digunakan untuk kebutuhan melahirkan, biaya sekolah anak, investasi, hingga jika terjadi suatu hal musibah atau pengeluaran tak terduga masih ada simpanan yang bisa digunakan.

Demikianlah beberapa tips mengatur perencanaan keuangan untuk pasangan sebelum dan sesudah menikah. Jalanilah semuanya keperluan selangkah demi selangkah. Dengan begitu, Anda dan pasangan tidak akan dihadapkan dengan masalah keuangan pada keluarga baru Anda nanti. Jangan lupa, komunikasi dan keterbukaan adalah hal yang terpenting. Semoga bermanfaat.