Pernikahan sebenarnya menyatukan dua kepala (prinsip) yang berbeda. Tidak ada pernikahan yang sempurna. Justru bagaimana saling melengkapi kekurangan pasangan satu sama lain. Tidak dapat dipungkiri terdapat masalah yang sering hadir di tengah-tengah pernikahan. Sekalipun kamu dan pasanganmu dinobatkan menjadi pasangan yang paling akur. Masalah bisa lekas diselesaikan tergantu bagaimana kalian menyikapi hal tersebut dan tidak lupa mengingat bagaimana komitmen yang telah kamu dan pasanganmu buat.

Di bawah ini beberapa masalah yang kerap hadir di tengah pernikahan:

  1. Komunikasi

Komunikasi sering kali menjadi hal yang riskan. Salah paham sedikit maka bisa berakibat fatal. Komunikasi tidak lancar di antaranya terjadi karena kesibukan yang melanda dari masing-masing individu. Cara mengatasinya yaitu dengan berusaha meluangkan waktu baik kamu dan pasanganmu. Dengan bicara segalanya bisa diluruskan. Hindari menginterupsi atau memotong pembicaraan satu sama lain. Jika kamu sedang dalam keadaan emosi sebaiknya kamu terlebih dulu menenangkan diri supaya ke depannya bisa melakukan komunikasi yang membangun.

  1. Masalah Keuangan

Keuangan menjadi masalah yang kerap menghadirkan pertikaian yang hebat. Kuncinya memahami kondisi pendapatan satu sama lain. Kamu dan pasanganmu bisa membuat daftar list budget pengeluaran baik perminggu ataupun perbulan. Selanjutnya bagaimana kamu bisa mengatur pola hidup yang efektif sesuai dengan keuangan. Kemudian jangan lupa untuk menyisihkan uang ke dalam tabungan, jaga-jaga jika ada sesuatu yang mendadak seperti biaya lain yang keluar dari budget yang sudah ditentukan.

  1. Pembagian tugas

Kurangi stigma pria harus bekerja di luar dan perempuan hanya mengurus rumah. Pembagian peran penting untuk keberlangsungan hidup berumah tangga. Penting bagaimana membahas hal yang berkaitan dengan pekerjaan di luar maupun dalam rumah, kegiatas mengurus anak dan lain sebagainya. Usahakan untuk membuat jadwal agar semuanya berjalan seimbang.

  1. Hubungan suami istri (seks)

Seks dan keintiman sangat diperlukan untuk terus membangun kemesraanmu dengan pasanganmu. Luangkan waktu untuk menciptakan kemesraan. Kurangnya berhubungan suami istri bisa jadi menimbulkan pertengkaran. Namun bila seks dirasa kurang memuaskan dikarenakan perubahan hormon baik dari perempuan maupun laki-laki. Sebaiknya dikonsultasikan kepada dokter.

  1. BOSAN

Pernikahan artinya kita hidup dengan orang yang sama seumur hidup. Rasa bosan sewaktu-waktu bisa hadir. Namun jangan jadikan kebosanan sebagai momok yang menakutkan. Sebenanya kamu dan pasanganmu hanya perlu mencari rutinitas baru untuk kembali menciptakan gairah. Kalian bisa menciptakan kegiatan bersama seperti memasak bersama, travelling bersama, dinner romantis, atau bulan madu lagi juga tidak masalah.

Masalah-masalah di atas bisa kalian hempaskan. Cari tahu apa yang bisa kalian lakukan untuk memperbaiki setiap masalah yang hadir. Turunkan ego masing-masing dan temukan jalan tengahnya. Berusaha untuk menjaga komunikasi, kepercayaan dan komitmen itu perlu. Semoga bermanfaat.